Lantik Pengurus DPC PPDI Kabupaten Jayapura Periode 2020-2025, Wakil Bupati Minta Para Penyandang Disabilitas Miliki Kepercayaan Diri

0
66
Wakil Bupati Jayapura, Giri Wijayantoro saat menyerahkan tongkat bantuan PT PLN UIP Papua dan Papua Barat kepada penyandang disabilitas di Hotel Merbau, Sentani, Rabu (15/7/20)
Wakil Bupati Jayapura, Giri Wijayantoro saat menyerahkan tongkat bantuan PT PLN UIP Papua dan Papua Barat kepada penyandang disabilitas di Hotel Merbau, Sentani, Rabu (15/7/20)

SENTANI, PapuaSatu.com – Dewan Pengurus Cabang Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (DPC PPDI) Kabupaten Jayapura Periode 2020-2025 resmi terbentuk dan dilantik oleh Wakil Bupati Jayapura, Giri Wijayantoro di Hotel Merbau, Sentani, Rabu (15/7/20).

Wakil Bupati Jayapura, Giri Wijayantoro dalam kesempatan tersebut memberi motivasi kepada para penyandang disabilitas untuk lebih semangat dan memiliki kepercayaan diri, agar bisa sukses.

“Kita harus bangkit dan percaya diri,” ujar Wabup Giri dalam sambutannya.

Yang penting, kata Giri Wijayantoro, jangan lihat orang lain, tetapi lihatlah peluang yang ada dengan keterbatasan yang ada.

Wakil Bupati juga mengisahkan pengalamannya pribadi yang hanya bermodal semangat, hingga bisa sukses menjadi Wakil Bupati Jayapura, dan ada satu orang penyandang disabilitas yang pernah dibantunya sekedar biaya sekolah, yang karena kepercayaan dirinya bisa sukses dan bisa menjadi seorang bupati.

Saat ditemui wartawan, Wabup Giri mengungkapkan, dengan dilantiknya pengurus PPDI Kabupaten Jayapura, organisasinya bisa didaftarkan ke Badan Kesbangpol dan Dinas Sosial, sehingga ada pembinaan-pembinaan yang terprogram dengan baik dari pemerintah.

Dalam kesempatan tersebut, para penyandang disabilitas di Kabupaten Jayapura mendapat bantuan dari PT PLN UIP Papua dan Papua Barat, berupa 10 buah kursi roda, 12 pasang tongkat dan tiga buah alat bantu dengar.

Senior Manager Keuangan dan SDM PT PLN Unit Induk Pembangunan (UIP) Papua, Mistoni saat ditemui usai menyerahkan bantuan tersebut mengungkapkan, bantuan tersebut sebagai bentuk kepedulian PLN dalam membantu para disabilitas.

“Ini untuk menambah motivasi dan semangat mereka,” ungkap Mistoni.

Dikatakan, di PLN sebagai salah satu BUMN juga banyak karyawan yang merupakan penyandang disabilitas, dan pihaknya menginginkan agar para penyandang disabilitas juga bisa sukses.

Herman Rumbekwan, selaku Ketua DPD PPDI Provinsi Papua mengharapkan, pengurus PPDI terus berkomunikasi dan bisa bermitra dengan pemerintah, sehingga bisa lebih memberdayakan para penyandang disabilitas yang ada.

Dikatakan, saat ini masih banyak penyandang disabilitas yang belum diberdayakan, dan bahkan belum terdata, mungkin karena mereka berada di kampung-kampung ataupun mereka tertutup dari lingkungan sosial akibat keterbatasan hubungan sosial dengan masyarakat sekitar.[yat]