Peringati HPSN 2020, Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup Bersih-Bersih Sampah di Pasar Pharaa Sentani

0
610
Pembersihan sampah di sekitar Pasar Pharaa Sentani dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional, Jumat (21/02/20)

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tanggal 21 Februari 2020, Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup Provinsi Papua bersama Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Jayapura dan komunitas pecinta lingkungan di Kota dan Kabupaten Jayapura menggelar bersih-bersih sampah di Pasar Pharaa Sentani.

Selain itu, juga melakukan penanaman 100 bibit pohon, yang juga dilakukan di sekitar Pasar Pharaa Sentani.

Kepala Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup Provinsi Papua, Jan Jap Omuserai saat ditemui di sela-sela melakukan pembersihan sampah di Pasar Pharaa Sentani mengungkapkan, salah satu tujuan kegiatan tersebut adalah sebagai bentuk dukungan kepada Kota Sentani menuju kota adipura yang ditargetkan bisa diraih tahun ini.

“Salah satu indikator tentunya lingkungan harus bersih dan harus hijau,” ungkapnya.

Kepala Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup Provinsi Papua, Jan Jap Ormuseray saat mengawali penanaman pohon di sekitar Pasar Pharaa Sentani, Kamis (21/02/20)

Kegiatan tersebut juga sebagai upaya memotifasi warga masyarakat untuk dapat menjaga lingkungan di sekitarnya, agar tetap bersih dan hijau.

Jan Omuserai juga menyatakan bahwa pihaknya menyediakan bibit tanaman di kantornya, yang bisa diambil masyarakat untuk ditanam di lingkungan sekitarnya secara gratis.

Di kesempatan sama, Kepala DLH Kabupaten Jayapura, Ir. Nataniel Mebri mengungkapkan bahwa upaya penghijauan dan pembersihan sampah juga dilakukan pihaknya bersama-sama dengan Ibu-Ibu PKK Kabupaten Jayapura di sepanjang jalan Raya Sentani mulai dari depan Hotel Suni Garden Lake hingga jembatan Kemiri Sentani.

Terkait dengan upaya mendapatkan piala adipura untuk Kota Sentani, DLH Kabupaten Jayapura juga melakukan upaya-upaya dalam memenuhi kriteria yang ditentukan, terutama kebersihan lingkungan.

“Untuk itu saya mengimbau kepada masyarakat untuk bertanggungjawab terhadap sampah yang dihasilkan dari rumah tangga masing-masing,” imbaunya.[yat]