Sebelum BLT Disalurkan, Kampung Lakukan Verifikasi Data Penerima

277
Petugas relawan saat melakukan verifikasi data BLT dan PKH di Kampung Gemebs, Distrik Nimboran, Selasa (5/5)
Petugas relawan saat melakukan verifikasi data BLT dan PKH di Kampung Gemebs, Distrik Nimboran, Selasa (5/5)

SENTANI, PapuaSatu.com – Pemerintah pusat telah mengalokasikan anggaran dari dana desa untuk disalurkan menjadi Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada masyarakat penerima yang tentunya masuk dalam kategori keluarga kurang mampu.

Saat ini kampung-kampung yang ada di wilayah Kabupaten Jayapura sedang melakukan verifikasi data penerima manfaat dari program tersebut, seperti yang dilakukan oleh  kampung-kampung yang ada di wilayah Distrik Nimboran.

Kepala Distrik Nimboran, Marzuki Ambo mengatakan, di Distrik Nimboran ada 13 kampung dan 1 kelurahan.

Untuk itu 13 kampung tersebut saat ini sudah memasuki babak akhir terkait proses verifikasi data penerima manfaat dari program BLT itu.

“Ada 13 kampung dan 1 kelurahan di Distrik Nimboran, sesuai ketentuan pemerintah kampung kampung ini nanti yang akan mendapatkan dana BLT dari Alokasi Dana Desa,” kata Marsuki Ambo saat ditemui wartawan di Kantor Bupati Jayapura, Selasa (5/5).

Meski begitu lanjut dia, tidak semua warga di masing-masing kampung itu akan mendapatkan BLT tersebut.

Pasalnya sesuai dengan arahan pemerintah pusat, BLT ini hanya diberikan kepada keluarga yang masuk dalam kategori kurang mampu namun belum pernah mendapatkan bantuan sosial lainnya dari pemerintah pusat.

“Makanya kita diminta untuk lakukan verifikasi data penerima di lapangan yang dilakukan oleh masing-masing kampung ini, Jadi bagi masyarakat yang sudah pernah menerima PKH atau bantuan sosial lainnya dipastikan tidak akan mendapatkan BLT,” ujarnya.[yat]