Sebelum Launching, KSOP Jayapura Akan Uji Coba di Pelabuhan Petikemas Depapre

Caption : Kepala KSOP Kelas II Jayapura Taher Laitupa, ST, MT, saat berbincang dengan Kadishub Kabupaten Jayapura Alfons Awoitauw usai Rakor video conference, di Aula Lantai II Kantor Bupati Jayapura Gunung Merah Sentani Kabupaten Jayapura, Senin (11/1/2021).
Caption : Kepala KSOP Kelas II Jayapura Taher Laitupa, ST, MT, saat berbincang dengan Kadishub Kabupaten Jayapura Alfons Awoitauw usai Rakor video conference, di Aula Lantai II Kantor Bupati Jayapura Gunung Merah Sentani Kabupaten Jayapura, Senin (11/1/2021).

SENTANI, PapuaSatu.com – Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) II Jayapura akan melakukan uji angkutan barang atau Tol Laut di Pelabuhan Petikemas Depapre pada 18 Januari 2021.

Kepala KSOP Kelas II Jayapura, Taher Laitupa, ST, MT, mengatakan, uji coba ini merupakan persiapan sebelum pelabuhan resmi beroperasi secara terbatas.

“Jadi sebenarnya tidak ada hal yang kita bilang urgent untuk itu, yang jelas terkait dengan kesuksesan ini kan perlu uji coba dulu,” ujar Taher Laitupa  usai Rakor video conference tentang Sosialisasi Rute Layanan Kebijakan Public Angkutan Barang di laut (Tol Laut) perdana dari Selatan Papua ke Papua (Jayapura), yang berlangsung di Aula Lantai II Kantor Bupati Jayapura Gunung Merah Sentani Kabupaten Jayapura, Senin (11/1/2021).

Pada tahap uji coba nanti, kata Taher, untuk memantau langsung ke lapangan, baik dari sisi laut maupun darat, dimana uji coba akan memantau langsung ke lapangan. Artinya, bukan dari sisi laut saja tapi dari sisi darat, kemudian terkait dengan fasilitas yang ada di laut dan juga terkait dengan masyarakat agar mereka bisa tahu.

Diakuinya, bahwa di papua memang masih agak rumit. Pasalnya, ketika dengar ada yang mau buat begitu dan jalan begini, ada (masyarakat) yang bikin itu dan begitu, sehingga perlu sosialisasi agar masyarakat juga tahu persis.

“Jadi untuk menjaga riak-riak kecil yang akan terjadi, maka nya kita akan buatkan uji coba dulu untuk itu. Karena uji coba itu untuk mengurangi kekurangan-kekurangan yang ada di lapangan,” jelas Taher menambahkan.

Sementara untuk kegiatan launching pengoperasian Tol Laut di Pelabuhan Petikemas Depapre, akan dilakukan pada tanggal 24 Januari 2021 mendatang.

“Launching nya kan nanti tanggal 24 (Januari), sebelum launching kan uji coba dulu. Jadi launching itu nanti tanggal 24, ini kan baru tahap persiapan sebenarnya. Kalau besok (hari ini) tim ekonomi rapat, setelah rapat baru tim ekonomi turun ke lapangan pada Kamis, 14 Januari 2021. Setelah itu, baru uji coba kapal lagi pada tanggal 18 Januari 2021,” bebernya.

“Kita berharap mudah-mudahan kesuksesan itu ada semua. Ke depannya juga kita akan alihkan beberapa kapal, ya nanti kita lihat sesuai kebutuhan dulu,” tukas Taher. [redaksi]