Tiga Tahun Terakhir, Angka Malaria Alami Penurunan di Kabupaten Jayapura

30
Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura, Pungut Sunarto, SKM
Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura, Pungut Sunarto, SKM

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura, Pungut Sunarto, SKM mengungkapkan tiga tahun terakhir angka malaria alami penurunan di Kabupaten Jayapura.

“Ditahun 2018 diangka 177, kemudian ada penurunan ditahun 2019 diangka 16. Sekarang sampai bulan Oktober 2020 sudah turun mencapai angka 130, mudah-mudahan bisa turun terus,” ungkapnya saat Pertemua Evaluasi Diagnosa Malaria Penguatan Jejaring QA Dinas Kesehatan Provinsi Papua, Kamis (19/11) siang.

Menurutnya, dengan adanya penurunan ini, pihaknya terus gencar melakukan upaya percepatan eliminasi malaria. “Ini salah satu interfensi-interfensi dari malaria, banyak interfensi yang harus dilakukan untuk menunjang eliminasi malaria,” ujarnya.

Dengan adanya evaluasi, ia berharap mutu tenaga medis khususnya malaria bisa diukur dan ditindaklanjuti. “Contohnya tenaga lab, harus punya kemampuan, sensitifitas dalam menentukan hasil yang akurat. Harus ada tindaklanjut dan penyegaran,” pungkasnya. [ayu]