BKKBN Gelar Workshop Perumusan Isu Pengendalian Penduduk Peringati Hari Kependudukan Dunia

37

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Papua menggelar Workshop Perumusan Osu Pengendalian Penduduk dalam rangka memperingati hari kependudukan dunia tahun 2022 Provinsi Papua juga sekaligus mensosialisasikan ke publik bahwa tanggal 11 Juli 2022 merupakan hari Kependudukan Dunia.

Workshop tersebut digelar di Lantai 1 Suni Hotel & Convention Abepura dan dibuka langsung oleh Penata kependudukan keluarga berencana ahli Madya BKKBN Provinsi Papua, Sarwandi, Selasa (26/7/2022).

“Kami mengadakan workshop isu strategis pengendalian penduduk dalam rangka kita gabungkan dengan momen kependudukan dunia¬† dan kita diharapkan bisa mensosialisasi kepada publik, bahwa pada tanggal 11 Juli adalah¬† hari kepedudukan dunia,” kata Sarwandi kepada awak media.

Kegiatan ini juga bertujuan untuk mencari isu kependudukan dunia untuk mengambil langkah-langkah dengan dinas terkait. “Mengenai kependudukan demografi, kependudukan angkatan kerja, penduduk lansia dan kita kaitkan dengan penggarapan-penggarapan program bangga kencana yang nanti kita sinkronkan dengan penanganan percepatan penurunan stunting,” ungkapnya.

Ia berharap dari pemberian materi ada juga masukan serta saran dari dinas terkait dengan pengelolaan isu statis kependudukan yang harus segera di tangani Papua. Adapun dinas-dinas terkait dari tingkat Provinsi yakni BAPPEDA Provinsi Papua, Dinas Kesehatan Provinsi Papua dan perguruan tinggi di Kota Jayapura serta para ketua BEM mahasiswa.

“Karena generasi muda adalah calon bagi kami yang sudah tua dan mereka sebagai penerus bagi program kependudukan. Dan pengenalan terkait isu kependudukan sudah harua sejak usia muda agar bila nanti sudah jadi pejabat atau pengambil kebijakan minimal sudah mengetahui isu kependudukan,” ujar Sarwandi.

Ditambahkan, harapannya juga dengan pemetaan kependudukan ini nantinya pihaknya akan membuat analisis kajian yang nantinya akan sinkronkan dan juga dilaksanakan dengan pihak ketiga baik akademisi dan lain sebagainya. [ayu]