Yakenpa bersama UNICEF Sosialisasikan Aplikasi Oky di Kabupaten Jayapura

49

SENTANI, PapuaSatu.com – Yayasan Noken Papua (Yakenpa) dan UNICEF mengadakan sosialisasi bagi siswi Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Jayapura terkait Manajemen Kebersihan Menstruasi (MKM), Selasa (26/7/2022).

Bertempat di Aula SMP Bonaventura Sentani kegiatan tersebut berlangsung. Yakenpa bersama UNICEF menargetkan ialah peserta dapat mensosialisasikan Aplikasi Pelacak Menstruasi OKY kepada teman sebaya siswi SMP.

Aplikasi OKY sendiri dibuat oleh UNICEF dan telah digunakan oleh 6.800 pengunduh diseluruh tanah Papua. Harapannya, dengan adanya kegiatan sosialisasi ini, 15 orang siswi dapat mengajak 100 siswi untuk mengunduh aplikasi OKY, sedangkan 15 Wakil Kepala Sekolah dapat mengajak 200 siswi untuk mengunduh aplikasi OKY serta menggunakan aktif aplikasi tersebut.

Bila hal tersebut dapat terwujud, maka akan menerima sertifikat yang di tanda tangani oleh WASH Officer UNICEF dan Direktur Noken Papua dan juga mendapatkan hadiah.

Kepala Bidang SMP Dinas pendidikan Kabupaten Jayapura, Yohanes B. Suadula dalam sambutannya mengatakan aplikasi Oky erat dengan perilaku hidup sehat. Maka ia meminta para siswa agar dapat membantu teman sebaya untuk menjadi pengguna Oky.

“Khusus untuk remaja putri, kalau kita bicarakan mengenai manajemen menstruasi, ini penting untuk perkembangan jaman itu yang dulu tabu. Sebenarnya hal ini erat sekali dengan perilaku hidup sehat, sekolah menyediakan fasilitas kebersihan. Kita akan menjadi orang yang membantu teman sebaya untuk kenal aplikasi Oky,” katanya.

Ditempat yang sama, Direktur Yakenpa, Nani Pundu, mengajak pelajar perempuan yang mengikuti pelatihan ini dapat menyebarkan informasi dan menjadi kader OKY. Sehingga informasi penting ini tidak hanya berhenti sampai disini saja.

“Oky adalah salah satu melacak mentruasi setiap bulannya, agar ada persiapan dan perencanaan, dalam masa belajar dari UKS di sekolah, ketersediaan MKM, toilet sesuai jumlah siswa, ketersediaan air bersih harus kita sediakan. Kami berkomitmen akan mengaungkan untuk para pengunduh Oky di papua bisa melampaui yang di Jakarta, saat ini kita sudah di posisi kedua,” katanya.

Diketahui, sebelumnya sosialisasi tersebut telah dilakukan juga di Kota Jayapura, di SMPN 2 Jayapura, Senin (25/7/2022) kemarin. [ayu]