Api Unggun Tanda Berakhirnya Prajusami Siswa/I SMK Negeri 1 Keerom

0
50
Caption : Suasana Pembakaran Dasa Dharma yang diikuti 200 orang anggota Pramuka di SMK Negeri I Keerom, Jl Garuda, Kampung Yuwanain, Arso II, Sabtu (1/09/2019) malam.
Caption : Suasana Pembakaran Dasa Dharma yang diikuti 200 orang anggota Pramuka di SMK Negeri I Keerom, Jl Garuda, Kampung Yuwanain, Arso II, Sabtu (1/09/2019) malam.

KEEROM, PapuaSatu.com – Kegiatan perkemahan yang dilaksanakan siswa/siswi SMK Negeri I Keerom, diakhirnya dengan pembakaran Dasa Dharma yang berlangsung, pada Sabtu (1/09/2019) malam, di SMK Negeri I Keerom, Jl Garuda, Kampung Yuwanain, Arso II.

Kegiatan pembakaran Dasa Darma yang diprakasai Satgas Pamtas Yonif 713/ST ini di ikuti 200 orang anggota pramuka mulai dari kelas X, XI dan kelas XII.

“Kegiatan kepramukaan sudah selesai diakhiri  Api Dasa Dharama dan pembacaan pengucapan Dasa Dharma yang diikuti seluruh anggota pramuka,” tutur Basimin Satgas Yonif 713/ST, Serda Inf Handoko dalam press releasenya yang dikirim Pendam XVII/Cenderawasih, Minggu (15/09/2019).

Serda Handoko mengungkapkan, dengan dilaksanakannya kegiatan pembakaran Api Dasa Dharma ini diharapkan setiap siswa bisa menjalankan isi dari Dasa Dharma tersebut.

Sebab jelas Serda Handoko, Dasa Dharma merupakan sepuluh sikap yang harus dimiliki oleh seorang pramuka, mulai  yang dimulai dari tingkat penggalang hingga tingkat atas.

Iapun menjelaskan bahwa Dasa Dharma berasal dari kata “Dasa” dan “Darma“. Dasa berasal dari bahasa Jawa yang memiliki arti sepuluh. Sedangkan Darma merupakan bahasa Sanskerta yang memiliki arti kewajiban, tugas hidup, aturan, kebajikan, dan kebenaran.

Dimana secara bahasa Dasa Dharma memiliki arti sepuluh kewajiban, kebajikan, dan aturan yakni, Takwa kepada Tuhan yang Maha Esa, Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia, Patriot yang sopan dan kesatria, Patuh dan suka bermusyawarah.

Rela menolong dan tabah., Rajin, terampil dan gembira., Hemat, cermat dan bersahaja., Disiplin, berani dan setia., Bertanggung jawab dan dapat dipercaya., Suci dalam pikiran, perkataan maupun perbuatan.

“Oleh karena itu dengan kegiatan kepramukaan kami berharap dengan bekal isi dari Dasa Dharma menjadi bekal  untuk dibagikan kepada semua orang dimana pun berada,” harapnya Serda Handoko

Turut hadir dalam kegiatan pembakaran Api Dasa Dharma ini adalah Ibu Leonora G. Jamlean, S. Pd (Pembina Pramuka Smkn 1 Arso), Pak alfonsus, S. Pd (Pembina Pramuka Smkn 1 Arso), Serda Handoko (Basimin Satgas Yonif 713/ST), Serda Adam (Danru 1 Waltis Satgas Yonif 713/ST), Pratu Arman (Tim Pengaman), Prada Muhammad (Tim Pengaman),Prada Saiful (Tim Pengaman), Pasukan Pramuka SMKN 1 Kab. Keerom. [redaksi]