Aster Kasad Tanam Padi Perdana di Lokasi Cetak Sawah 2019

0
63

MERAUKE, PapuaSatu.com – Asisten Teritorial Kepala Staf Angkatan Darat (Aster Kasad) Mayjen TNI Bhakti Agus Fadjari di dampingi Danrem 174/Anim Ti Waninggap Brigjen TNI R. Agus Abdurrauf, S. I. P., M. Tr. (Han) melaksanakan penanaman padi perdana,  di lokasi cetak sawah Kampung Sumber Harapan SP 3 Distrik Tanah Miring,  (15/11/19).

Dalam penanaman tersebut Aster Mayjen Bhakti melaksanakan penanaman diatas lahan seluas 150 Ha dengan sistim Gogo Rancah tersebut, Kadistan Kabupaten Merauke Edy Santosa menyampaikan Terima kasih kepada para Babinsa yang sudah setia menemani para petani yang selalu hadir pada setiap musim tanam.

“Saya ucapkan banyak terima kasih kepada Bapak Aster Kasad yang sudah tiba di tempat ini dalam rangka peningkatan beras di daerah Kabupaten Merauke, dan yang sudah kita buka lahan baru sheingga bisa memperluas lahan pertanian bagi  petani,” ujarnya.

Pada kesempatan Tanam perdana ini Aster Kasad Mayjen Bhakti Agus Fadjari mengucapkan terima kasih kepada para Masyarakat yang sudah hadir pada saat ini, seperti nama Kampunya, yaitu Kampung Sumber Harapan, yang berarti Sumber harapan hidup bagi kita semua.

Berkaitan dengan harapan masyarakat, Aster  menyarankan kepada Pemerintah pusat untuk dapat mendukung kekurangan dan Pemerintah Kabupaten, harus ikut serta dalam kegiatan pemenuhan kebutuhan para petani.

“Kemaren saya sempat bertemu sama perwakilan Duta besar dari PNG yang sudah menemui Pemerintah Daerah yang rencananya kita akan ekspor beras ke PNG dan harus ada persyaratan persyaratan untuk mengekspor terutama kwalitas sehingga memenuhi sayarat sayarat untuk ekspor beras ke PNG dan daerah lain dengan hasil yang sangat melimpah,” paparnya.

Dalam pemasaran beras atau hasil dari beras tersebut kita semua harus bersinegri antara yang satu dengan yang lain agar semua bisa berjalan dengan baik.

“Ya, dengan adanya cetak lahan baru ini kita bisa jadikan Swasembada pangan, saya harap lahan yang baru ini agar terus dirawat dengan baik,” pesan Aster kepada masyarakat.

Usai melakukan penanaman Aster dan wakil bupati menyerahkan bantuan 2 unit traktor roda empat kepada pemilik ulayat dari kampung sumber harapan dan kampung kaliki.

Adapun pejabat yang hadir dalam kegiatan tersebut Brigjen TNI Sutjipto ( Timwas Cetak Sawah, Suad), Kolonel Cba Aswanto (Anggota Timwas Cetak Sawah Suad), Kolonel Inf Andi Prihantono (Aster Kasdam XVII/Cendrawasih), Para Kasi Korem 174/ATW, Bapak Hamit Sangaji (Dirjen Sarana Prasarana Pertanian dari Kementrian Pertanian).

Ir. Samuel Siriwa Msi (Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Prov Papua), Sularso, S.E. (Wakil Bupati Kabupaten Merauke ), Letkol Inf Eka Ganta Candra, S.I.P (Dandim 1707/Merauke dan masih banyak lagi pejabat yang tidak bisa disebutkan satu persatu. [yar/loy]