Bentuk Pelajar Berakhlak Mulia, Dandim 1709/Yawa Jadi Nara Sumber Acara Maulid

0
63

WAROPEN, PapuaSatu.com – Bertempat di Madrasah Aliyah Darussalam Serui Kabupaten Kepulauan Yapen, Dandim 1709/Yawa mendapat undangan sebagai salah satu narasumber pada acara Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1441 H dan acara Goes to School yang diadakan oleh LPP RRI PRO 2 Serui, bekerja sama dengan Yayasan Darussalam, Minggu (17/11/2019).

Selain Dandim 1709/Yawa, hadir pula narasumber lainnya yaitu Kepala LPP RRI Serui Ahardi Ahmad dan Kepala Sekolah MA Darussalam, Ny. Mariyati serta dihadiri pula oleh Ustad R. Siregar, para orang tua murid dan ratusan murid Yayasan Darussalam.

Dandim 1709/Yawa Letkol Inf Leon Pangaribuan, S.H sebagai narasumber pertama mengatakan bahwa dalam rangka peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, adik-adik para pelajar yang menjadi generasi muda penerus bangsa ini, harus mengingat kembali apa yang tertulis pada kaki lambang negara kita Garuda Pancasila, yaitu Bhinneka Tunggal Ika (Berbeda-beda tetapi tetap satu).

Dengan makna bahwa meski banyaknya perbedaan kita, baik dari suku, adat, ras dan agama, namun hal itu justru merupakan sumber dari kekuatan besar kita dalam membangun negeri ini.

“Seperti yang pernah diucapkan oleh pendiri bangsa ini, yaitu Bung Karno mengatakan “Kalau jadi hindu jangan jadi orang India, kalau jadi orang islam jangan jadi orang Arab, kalau kristen jangan jadi orang yahudi, tetaplah jadi orang nusantara dengan adat-budaya nusantara yang kaya raya ini,” ungkap Dandim.

Kita sebagai generasi penerus haruslah mempedomani ucapan Bung Karno tersebut, karena cara termudah bagi pihak-pihak yang ingin menghancurkan bangsa ini adalah dengan mengadu domba kita semua yang terdiri dari banyak perbedaan, salah satunya melalui isu-isu perbedaan agama.

Sebab itu, kepada para pelajar diharapkan agar tetap menganggap sebagai saudara terhadap orang lain, meski berbeda agama, suku dan perbedaan lainnya dengan kita.

Di kesempatan sama, Kepala Sekolah MA Darussalam Ny. Mariyati juga menambahkan, selain untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1441 H, kegiatan tersebut juga untuk memberikan tambahan wawasan terhadap murid Yayasan Darussalam.

“Karena itu kita mengundang Dandim 1709/Yawa sebagai salah satu narasumber,” ungkapnya.

Selaku Kepala Sekolah MA Darussalam mewakili yang lain, Ny. Mariyati mengucapkan terima kasih atas kehadiran Dandim, yang sudah bersedia menjadi narasumber di acara tersebut.[yat]