Bersama warga, Babinsa bersihkan saluran air menuju Waduk PLTA

JAYAPURA, PapuaSatu.com –  Babinsa Koramil 06/Makki Kodim 1702/Jayawijaya dipimpin Serka Y. Gamar  bersama masyarakat membersihkan tanggul saluran air  menuju waduk pembangkit listrik tenaga air (PLTA) yang terletak diwilayah Distrik Makki Kabupaten Lanny Jaya, Minggu (15/11/20)

“Ya, kami bersama  warga  setempat bergotong royong melaksanakan pembersihan dan pengerukan saluran air tesebut karena disebabkan adanya pendangkalan sehingga air yang mengalir menuju waduk penampungan volumenya berkurang,” kata Serka Gamar.

Ia menjelaskan, cara yang dilakukan agar air tetap mengalir yakni menaikan sisa pengerukan pasir  ke atas tanggul yang mulai rusak dan jebol sepanjang kurang lebih 50 Meter dan lebar 1,6 Meter.

“Kerja bakti yang dilaksanakan antara Babinsa dan warga binaannya tersebut adalah untuk mengantisipasi dampak kerusakan yang lebih parah akibat gerusan air  saat hujan datang lagi”, tuturnya.

Dengan penataan ulang tanggul ini, diharapkan arus air yang mengalir ke waduk penampungan PLTA dapat lebih baik sehingga arus listrik yang dihasilkan dari pembangkit tersebut maksimal dan lancar.

“Untuk ke depannya kami selaku Babinsa Bersama Pemerintah Distrik Makki  akan terus mengadakan pemantauan dan pemeriksaan  kondisi tanggul yang mengaliri air ke waduk penampungan milik PLTA tersebut,” tandas Serka Gamar.

Agus Supardi salah satu warga mengatakan dengan adanya Babinsa yang membatu kami pekerjaan ini jadi ringan. “Kami sangat berterimakasih kepada Bapak Babinsa yang meluangkan waktu dan tenaganya untuk bersama kami melaksanakan pekerjaan ini,” ujarnya. [redaksi]