Cegah Penyebaran Corona, Pangdam Cenderawasih Perintahkan Dirikan Posko di Rumah Sakit Marthen Endey

0
291

JAYAPURA,  PapuaSatu.com  Pangdam XVII/Cenderawasih telah memerintahkan Kakesdam XVII/Cenderawasih untuk mendirikan posko pemantauan serta penanganan virus Covid-19 di RS Marthen Endey, Jayapura.

Hal ini disampaikan Pangdam, pada Rabu (18/03/2020) karena sebagai bentuk kesiapsiagaan dalam mencegah sekaligus menghadapi wabah virus Corona atau Covid-19 yang akhir-akhir ini membuat resah warga di Tanah Air maupun luar negeri.

Saat ditemui, Karumkit TK II Marthen Endey, Kolonel Ckm Budi S. Mengatakan bahwa Kodam XVII/Cenderawasih telah siap membantu pemerintah provinsi Papua dalam menghadapi pandemi global. WHO telah menyatakan pandemi global itu wabah yang telah menyebar di seluruh dunia,”katanya.

Selanjutnya Karumkit juga menambahkan pendirian posko ini merupakan salah satu upaya Kodam XVII/ Cenderawasih untuk mengantisipasi virus Covid-19 di wilayah Jayapura dan Papua pada umumnya. Meskipun untuk sementara posko ini belum merawat pasien yang terjangkit Virus Covid-19, namun Posko ini tetap siaga sesuai standar yang ditetapkan,”tambah Karumkit.

Lebih lanjut, dalam kesiapannya Rumah Sakit TK II Marthen Endey telah menyediakan 30 tempat tidur untuk dijadikan tempat perawatan sebagai langkah antisipasi bila peningkatan jumlah pasien Covid-19, Serta di depan IGD telah disediakan tim yang menerima dan ruang isolasi diperuntukan bagi pasien terinveksi Virus Covid-19.

Diakhir wawancara tersebut, Kolonel Ckm Budi S berharap kepada Prajurit TNI dan seluruh masyarakat Papua untuk tidak panik atau takut, kita hadapi dengan pola hidup yang bersih dan disiplin seperti makan makanan yang sehat, istirahat yang cukup kemudian berolahraga yang teratur, sehingga memiliki daya tahan tubuh yang baik guna menangkal inveksi Virus tersebut dan  bagi mereka yang mempunyai resiko tinggi usia di atas 50 tahun dan mempunyai riwayat penyakit Diabetes, Hipertensi dan penyakit lainnya diharapkan memeriksakan diri dan keluarganya secara rutin dan apabila ada keluhan kesehatan segera ke rumah sakit untuk diperiksa lebih lanjut,”pungkasnya. [redaksi]