Dandim 1709/Yawa Hadiri Pengukuhan Pengurus KMB Yapen Dan Semarak Budaya Batak

20

YAPEN, PapuaSatu.com – Guna mendukung Kelestarian Budaya yang ada di wilayah teritorialnya, Letkol Inf Catur Prasetiyo Nugroho, S.IP., M.I.P Komandan Kodim 1709/Yawa menghadiri dan turut memeriahkan gelaran acara pelantikan dan pengukuhan pengurus KMB (Kerukunan Masyarakat Batak) Yapen serta semarak budaya Batak yang berlokasi di Hotel Kelapa Dua Jl. Frans Kaisepo Distrik Yapen Selatan Kabupaten Kepulauan Yapen, Minggu (04/09/2022).

Kehadiran rombongan Forkopimda Yapen yang dipimpin oleh Bupati Tonny Tesar, S.Sos ini, disambut dengan hangat oleh Ketua KMB Provinsi Papua dan seluruh Pengurus KMB Yapen, dengan ditandai pemasangan topi serta penyerahan dan penyematan ulos dipundak seluruh jajaran Forkopimda Yapen, serta diiringi dengan tari-tarian dan musik khas Batak Toba.

Dalam sambutannya Bupati menyampaikan selamat kepada seluruh pengurus KMB Yapen yang baru saja dilantik, dan juga kepada seluruh masyarakat Batak atas terlaksananya acara tersebut yang tadi diawali dengan budaya penyambutan dari keluarga Batak yang sungguh luar biasa.

“Sebagai Bupati saya bangga kegiatan ini dapat terselenggara dengan baik. Kepada seluruh masyarakat Batak, marilah kita bersama-sama menjaga keharmonisan dan kerukunan hidup masyarakat yang ada di Kabupaten Kepulauan Yapen ini, sehingga memberi dampak yang positif dan contoh teladan bagi semua suku dan agama apapun yang ada di wilayah ini, sehingga bisa bekerjasa dengan pemerintah daerah dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” kata Bupati.

Sementara itu, Komandan Kodim 1709/Yawa mengatakan semua berbangga diri dengan keberagaman suku, tradisi dan budaya yang ada di Indonesia, salah satunya Budaya Batak yang telah dipertontonkan dan digelar dengan baik oleh Kerukunan Masyarakat Batak yang ada di wilayah Papua.

“Dibutuhkan peran penting seluruh masyarakat Batak agar tetap melestarikannya hingga ke anak cucu mereka, dan juga besar harapan kita semua, seluruh masyarakat Batak yang hadir saat ini, agar selalu memelihara kekompakan dan kebersamaan dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa ini, serta turut berperan aktif dalam membantu percepatan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan seluruh masyarakat yang ada diwilayah ini,” pungkasnya.

Diakhir acara, Komandan Kodim 1709/Yawa bersama seluruh jajaran Forkopimda Yapen, turut mengambil bagian dalam tarian Tor-tor Batak Toba bersama seluruh pengurus KMB Yapen dan tamu undangan yang hadir.

Turut hadir dalam kegiatan ini, AKBP Herzoni Saragih, S.I.K., M.H Kapolres Yapen, Dedi Tusman Hady, S.H Ketua Pengadilan Negeri Serui, Hendry Marulitua, S.H., M.H Kajari Serui, Yohanis G. Raubaba Ketua DPRD Yapen, J. Simanjuntak Wakil Ketua I DPRD Yapen, Erny Reny Tania, S. IP Sekda Kab. Kep. Yapen, Ronald Panjaitan, S.H., M.H Ketua KMB Provinsi Papua, Gokman Simbolon Ketua KMB Yapen, dan Hj. Abubakar Karepesina, S.Pdi Kepala seksi Pendidikan Agama Islam, seluruh Tokoh Adat dan Tokoh Agama yang ada di Kabupaten Kepulauan Yapen.[redaksi]