Dandim Bersama Pejabat Daerah Jayawijaya Ikuti Rakornis TMMD ke-110 Secara Virtual

33

WAMENA, PapuaSatu.com – Bertempat di ruang data Makodim 1702/Jayawijaya, Jl. Yos Sudarso Distrik Wamena Kabupaten Jayawijaya, telah dilaksanakan kegiatan  Rakornis TMMD ke-110 Tahun 2021 secara Virtual, dengan thema “TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri, Kamis (18/02/2021).

Gadi dalam acara Vidcon tersebut diantaranya, Letkol Inf Arif Budi Situmeang S. IP, M. Tr (Han), (Dandim 1702/ Jayawijaya), Bupati Kab Jayawijaya yang diwakili oleh Drh I Made Putra (Kepala Staf Ahli Bupati Kab jayawijaya), Ketua DPRD Kab Jayawijaya yang diwakili Senius Hilapok ( Wakil Ketua Komisi A DPRD Kab. Jayawijaya), Ka Bappeda Kab Jayawijaya yang diwakili Drs Dadi Permadi ( Sekertaris Bappeda Kab. Jayawijaya) dan Agustinus Wamo (Kabid Sosbud Bappeda Kab. Jayawijaya).

Diawali dengan sambutan Aster Panglima TNI yg diwakili Oleh Waaster  Bidang Tahwil, Komsos dan Bakti TNI Brigjen TNI Toto Nurwanto S.IP,. M.Si. selaku Pati Bod Ren PJO TMMD, mengatakan program TMMD merupakan kegiatan lintas sektoral dengan berbagai Kementerian/Lembaga Pemerintah Non-Kementerian (LPNK) dan komponen masyarakat lainnya, yang dilaksanakan secara gotong-royong dan bukan domain TNI saja, demi tercapainya percepatan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

Jenderal Bintang sati ini juga mengajak para stakeholder  untuk mendukung, dan berkontribusi baik fisik maupun  nonfisik untuk menyukseskan tugas mulia tersebut dan diharapkan agar Rakornis yang dilaksanakan TMMD menjadi wahana untuk berkoordinasi dan berkomunikasi secara teknis, berdiskusi, dan menyinkronkan berbagai program Kementerian/LPNK yang dapat disinergikan dalam pelaksanaan TMMD ke-110 TA. 2021 ini.

“Diharapkan dalam Rakornis ini ada saran, masukkan, serta ide-ide yang kreatif, inovatif, dan konstruktif guna mendorong upaya peningkatan dan pengembangan program TMMD ke depan,” harapnya.

Sementara itu, Dirjen Kesmas Kemenkes RI dr. Kirana Pritasari, MQIH , mengatakan dalam rangka mewujudkan akselerasi pembangunan kesehatan di daerah tentang peningkatan masalah kesehatan, maka Kementerian Kesehatan RI bermitra dengan TNI melalui kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) dengan fokus utama pada kegiatan pemberdayaan masyarakat bidang kesehatan.

Menurutnya, kesehatan adalah utama dan merupakan ujung tombak karena dengan kesehatan. “Kita bisa berpendidikan, kita bisa sejahtera,” ujarnya dr. Kirana Pritasari.

Adapun kegiatan TMMD yang dapat dilakukan antara lain berupa bakti fisik dan non fisik. Kegiatan bakti fisik, antara lain melalui pemeriksaan kesehatan dan pengobatan massal; sanitasi, kesehatan lingkungan, taman obat keluarga, pembangunan atau rehabilitasi sarana prasarana kesehatan dan unit kesehatan berbasis masyarakat (UKBM) di Desa sasaran.

Sementara kegiatan bakti non fisik, antara lain berupa sosialisasi gerakan masyarakat hidup sehat (GERMAS), penyuluhan dan pemberdayaan masyarakat dalam program kesehatan ibu dan anak, gizi, penyakit tidak menular, penyakit menular, kesehatan lingkungan, dan Keluarga Berencana,” pungkas dr. Kirana. [redaksi]