Dandim Biak Numfor Berikan Materi Wasbang Kepada 249 Mahasiswa Baru IISIP Yapis Biak

25

BIAK, PapuaSatu.com –  Dalam rangka pengenalan kehidupan Kampus bagi Mahasiswa-mahasiswi PKKMB baru TA 2022/2023, Komandan Kodim 1708/BN Letkol Inf J. Daniel P. Manalu, S.H., M.I., Pol memberikan pembekalan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) terhadap 249 orang Mahasiswa-Mahasiswi dengan Tema “Bangkit Indonesia Maju Dalam Bingkai Kebihnekaan” bertempat di Gedung Auditorium IIsip Yapis Biak Jln. Condronegoro Kelurahan Samofa, Distrik Samofa, Kabupaten Biak Numfor, Sabtu (03/09/2022).

Dalam materinya Dandim 1708/BN Letkol Inf J. Daniel P. Manalu, S.H., M. I., Pol mengatakan, Wasbang merupakan cara pandang Bangsa Indonesia mengenal diri dan lingkungannya, mengutamakan kesatuan dan persatuan wilayah dalam penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara kesatuan dan integrasi nasiaonal bersifat ktural dan tidak hanya bernuansa Struktural mengandung satu kesatuan Ideologi, kesatuan politik, kesatuan Sosial Budaya, Kesatuan Ekonomi, dan kesatuan pertahanan dan keamanan.

“Pencerminan sikap dan perbuatan dalam berbangsa dan bernegara adalah, Taqwa kepada Tuhan YME, Displin terhadap diri sendiri, menghargai orang lain, Stop Bullying, mencintai produk dalam Negeri, menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar, hindari Tawuran, Miras, dan Narkoba,” ujarnya.

“Adapun tantangan-tantangan Ideologi Pancasila di era digital ini adalah, berkembangnya budaya asing, dan kemerosotan nilai-nilai Moral. Bela Negara adalah wujud mempertahankan Pancasila sehingga kita sadar akan cinta tanah air, sadar berbangsa dan bernegara, yakin kepada Pancasila sebagai Ideologi Negara, rela berkorban untuk bangsa dan negara, memiliki kemampuan awal bela negara,” pungkas Dandim.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut,  Dandim 1708/BN Letkol Inf J. Daniel P. Manalu, S.H., M.I., Pol, Bapak Drs. A M, Dadang M.Si (Biro Kemahasiswaan), Bapak Ismail Ibrahim, S. Kom., M.Si (Karo, ADM Akademik), dan para Mahasiswa-mahasiswi baru penerima Materi Wasbang.[redaksi]