Dandim Boven Digoel Dukung Dan Apresiasi Kegiatan P2l Dinas Ketahanan Pangan Boven Digoel

34

BOVEN DIGOEL, PapuaSatu.com – Kodim 1711/BVD Letkol Czi Agustinus Ressa Sala’pa, S.T., M.I.P. didampingi Ny. Titien Agustinus Ressa Sala’pa menghadiri kegiatan Pekarangan Pangan Lestari (P2L) yang digelar oleh Dinas ketahanan pangan Kabupaten Boven Digoel di Makodim 1711/BVD, Kampung Mawan Distrik Mandobo Kab. Boven Digoel. Kamis (01/09/2022).

Kegiatan tersebut, dihadiri oleh Kepala Dinas Ketahanan pangan Ir. Fahrudin Isnanto beserta Staf, Kapten Inf Warsito selaku Pasiter Kodim 1711/BVD dan Ibu Persit KCK Kodim 1711/BVD yang tergabung dalam Kelompok Tani Kartika.

Komandan Kodim 1711/BVD Letkol Czi Agustinus Ressa Sala’pa, S.T., M.I.P. dalam sambutannya mengucapkan terimakasih dan mengapresiasi kegiatan yang digagas oleh Dinas Ketahanan Pangan Boven Digoel.

“Kami ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Kepala Dinas Ketahanan Pangan beserta Staf yang telah peduli terhadap kelompok tani Kartika Kodim 1711/BVD dengan menggelar kegiatan sosialisasi pekarangan pangan lestari (P2L) di Makodim,” ucapnya.

Dikatakan Dandim, Kodim beserta jajaran sedang menggalakkan program ketahanan pangan di lahan milik Satuan TNI-AD.

“Perlu kita ketahui bersama saat ini Kodim dan Koramil jajaran sedang menggalakkan ketahanan pangan di lahan milik satuan, program ini bertujuan untuk memberikan contoh dan mensosialisasikan kepada masyarakat agar tergugah hatinya untuk menggarap lahan kosong miliknya guna ditanami sayuran ataupun buah-buahan,” ujarnya.

Ia juga menambahkan bahwa program tersebut merupakan perintah langsung dari Pemerintah Pusat dalam rangka mengantisipasi krisis pangan di Indonesia terkhusus di Boven Digoel.

Selain itu, pihaknya juga mengucapkan terimakasih kepada Kepala Dinas Ketahanan Pangan yang sudah memberikan Saprodi berupa bibit, pupuk, cangkul, sekop dan lainnya.

“Sekali lagi kami ucapkan terimakasih kepada Bapak Kepala Dinas Ketahanan Pangan yang mana sudah memberikan saprodi, semoga sinergitas yang sudah terjalin ini semakin erat demi memajukan pertanian dan mewujudkan Hanpangan Daerah yang melimpah,” imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Ketahanan pangan Ir. Fahrudin Isnanto mengatakan bahwa program Pekarangan Pangan Lestari (P2L) sudah berjalan cukup lama dan sasarannya di Kampung-kampung.

“Program pekarangan pangan lestari (P2L) ini sudah berjalan cukup lama serta sasarannya sendiri sebetulnya di Kampung-kampung, dan untuk kedepannya kami menggandeng PKK Kabupaten Boven Digoel dan juga dari Kodim dengan harapan lebih bisa bersinergi untuk membangun dan memajukan pertanian di Kampung,” katanya.

Dirinya juga mengucapkan terimakasih kepada Dandim beserta jajarannya yang mana sudah ikut serta merintis dan menggiatkan program Hanpang di Makodim maupun di Koramil sebagai lahan percontohan bagi masyarakat.

“Dengan adanya lahan percontohan yang telah dirintis oleh Kodim ini kita harapkan dapat menjadi percontohan dan apabila masyarakarat Kampung yang ingin belajar biar merapat kesini untuk melihat,” ujarnya.

Secara simbolis dirangkai penyerahan Saprodi oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan kepada Komandan Kodim 1711/BVD beserta Ketua Persit KCK Kodim 1711/BVD dan dilanjutkan meninjau langsung lahan unggulan Kodim Boven Digoel.[redaksi]