Danrem 172/PWY Sosialisasikan Nilai-Nilai Pancasila Lewat Dialog Interaktif di Radio

0
138
Kolonel Inf Izak Pangemanan bersama narasumber lain yang berada di Makorem 172/PWY Padang Bulan saat menggelar dialog interaktif di RRI Pro 1 Jayapura, Jumat (29/5/20) pagi
Kolonel Inf Izak Pangemanan bersama narasumber lain yang berada di Makorem 172/PWY Padang Bulan saat menggelar dialog interaktif di RRI Pro 1 Jayapura, Jumat (29/5/20) pagi

ABEPURA, PapuaSatu.com – Sebagai salah satu upaya mensosialisasika  niai-nilai Pancasila, Danrem Kolonel Inf Izak Pangemanan menggelar dialog interaktif di RRI Pro 1 Jayapura, Jumat (29/5/20) pagi.

Dialog yang mengangkat tema “Papua Pancasila Dalam Bingkai NKRI”, menghadirkan beberapa nara sumber, yaitu tokoh adat Herman Yoku yang juga salah satu anggota MRP (Majelis Rakyat Papua) dan tokoh pemuda ketua DPD Pemuda Mandala Trikora Prov. Papua Ali Kibay Wanggai, sementara dari Korem 172/PWY hadir Kasiter Korem Letkol Inf Daniel P. Manalu, S.H., Kapenrem 172 Mayor Chk Eka Yudha Kurniawan, S.H., dan Kapten Kav Roland Junaidi.

“Kegiatan ini sesuai dengan petunjuk Komando Atas dalam hal ini Kodam XVII/Cenderawasih agar semua pihak berperan dalam mensosialisasikan nilai-nilai Pancasila dan juga mensosialisasikan bulan Juni sebagai bulan Pancasila,” kata Kolonel Izak.

Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan tetap memperhatikan protokol covid-19. Dialog interaktif digelar dengan tujuan untuk mensosialisasikan nilai-nilai Pancasial kepada masyarakat, sesuai dengan tema yang di angkat.

“Tentunya sesuai dengan arahan Bapak Pangdam XVII/Cenderawasih, kita on air di RRI Jayapura supaya masyarakat dapat lebih memahami nilai-nilai Pancasila dan dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari, karena Pancasila merupakan Ideologi yang sudah sesuai dengan,  kepribadian bangsa kita khususnya di Papua ini”, terang Danrem.

Musyawarah untuk mufakat adalah salah satu nilai yang terkandung dalam sila Pancasila, yang tetunya sudah sangat sesuai dengan adat dan budaya yang ada di Papua.

Kita tau bahwa Obey atau yang kita kenal sebagai pendopo di Jawa, adalah merupakan tempat yang di gunakan untuk musyawarah oleh masyarakat adat di Jayapura dalam menyelesaikan permasalahan, sehingga dapat mencapai mufakat bersama.[yat]