Dukung Generasi Muda Jadi Wirausaha Milenial, Koramil Yapsel Lakukan Komsos

YAPEN, PapuaSatu.com  – Dalam rangka mendukung peran serta generasi muda untuk menjadi wirausaha milenial yang inovatif dan berwawasan kebangsaan, Koramil 1709-01/Yapen Selatan Kodim 1709/Yawa melaksanakan kegiatan Komsos (Komunikasi Sosial) bersama seluruh warga yang berasal dari Kampung Dorau, Perea dan Kampung Saweru, yang kegiatannya berpusat di Balai Kampung Dorau Distrik Nusawani Kab. Kepulauan Yapen, Jumat (16/09/2022).

Pada kesempatan itu, Wadanramil 1709-01/Yapsel Kapten Inf Masngudi mengungkapkan Komsos merupakan program rutin yang dilaksanakan satuan kewilayahan, yang bertujuan untuk mengetahui perkembangan dan mewujudkan pemahaman masyarakat, khususnya Generasi Muda Sebagai Wirausaha Milenial Inovatif Berwawasan Kebangsaan. Maka diharapkan generasi muda menjadi wirausaha dengan dedikasi dan pemikiran berbangsa dan bernegara dengan baik, dan juga pemahaman nilai-nilai kebangsaan terhadap generasi muda merupakan hal yamg mutlak, sehingga seluruh pemuda tidak lagi bergantung kepada Pemkab Yapen, namun bukan berarti dilarang menjadi ASN, maupun TNI/POLRI, tetapi diharapkan generasi muda bisa mandiri dan bahkan dapat menciptakan lapangan pekerjaan dengan bermodalkan wawasan kebangsaan,” tambah Kapten Masngudi.

Pesatnya perkembangan IT dan Medsos bagi kalangan generasi muda telah mendominasi penggunaan internet dalam berbagai kebutuhan, bahkan ada yang sudah mampu berinovasi dalam berbagai bidang kehidupan lewat dunia maya, kemajuan IT tentunya akan semakin baik pula, bila dibarengi dengan penguatan pemahaman wawasan kebangsaan, yang berguna untuk memperteguh semangat cinta tanah air dan nasionalisme, dan sebaliknya bila wawasan kebangsaan itu luntur, maka akan mengikis seluruh nilai-nilai kebangsaan, juga menjadi pembahasan dalam Komsos tersebut.

“Nilai-nilai kebangsaan tentunya harus terus dipupuk dan ditumbuhkembangkan secara berkesinambungan dan lintas generasi, demi tetap kokohnya Persatuan dan Kesatuan Bangsa. Marilah kita semua untuk turut berperan aktif mendukung pemerintah dalam mewujudkan wilayah yang kondusif, dengan meningkatkan keamanan dan ketertiban diwilayah masing-masing, sehingga percepatan pembangunan diwilayah ini tetap berjalan dengan baik dan lancar,” harapnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Kampung Dorau Donsius Karuri, Kepala Kampung Perea Yotam Ayeri, Kepala Kampung Saweru Jhon Karuri, Bamuskam beserta seluruh aparat kampung, Serma Tri Wibowo Bati Tuud Koramil 1709-01/Yapsel, Serka Coristo F. Mansnembra, Sertu Oskar Wanggai dan Serda Suwandi Babinsa Koramil 1709-01/Yapsel.[redaksi]