Gandeng PLN Serui, Kodim Yawa Lakukan Pemeriksaan Instalasi Listrik Di Perumahan Dinas

30

YAPEN, PapuaSatu.com – Guna mengantisipasi terjadinya kebakaran yang diakibatkan oleh korsleting arus listrik di Perumahan Dinas Kodim 1709/Yawa, Staf Logistik Kodim bekerjasama dengan PLN Serui melaksanakan pengecekan rutin terhadap instalasi listrik yang ada di Asrama Kodim 1709/Yawa Jl. Maluku Distrik Anotaurei, Asrama di Jl. Jend. Sudirman serta Asrama Koramil 1709-01/Yapsel Distrik Yapen Selatan, Kab. Kepulauan Yapen, Rabu (07/09/2022).

Dalam kegiatan tersebut, Kapten Inf Dilli Ariyadi selaku Pasilog memimpin langsung para pegawai PLN Serui beserta beberapa anggota provostnya untuk melakukan pemeriksaan secara langsung di rumah-rumah anggotanya yaitu memeriksa satu-persatu meteran dan kabel instalasi listrik perumahan.

Komandan Kodim 1709/Yawa Letkol Inf Catur Prasetiyo Nugroho, S.IP., M.I.P, saat ditemui diruangan kerjanya mengatakan pemeriksaan instalasi listrik di lingkungan asrama wajib dilakukan secara berkala, sebab bertujuan untuk mencegah dan mengantisipasi terjadinya kebakaran Rumah Dinas akibat korsleting listrik.

“Kuta ketahui bersama bahwa Rumah Dinas di lingkungan ini, tidak ada jarak yang memisahkan antara rumah yang satu dengan lainnya, semua rapat menjadi satu, sehingga sangat rawan apabila terjadi korsleting arus listrik yang bisa menyebabkan kebakaran,” ungkapnya.

“Setelah dilakukan pemeriksaan mulai dari pagi hingga sore hari, para petugas mendapatkan temuan adanya meteran listrik lama yang sudah usang, penggunaan kabel instalasi yang tidak sesuai dengan standart PLN dan juga penggunaan kabel yang sudah tak layak pakai karena termakan usia, sehingga rawan terjadi korsleting arus listrik, dan sudah dikoordinasikan kepada pegawai PLN, bahwa mereka akan membantu segala proses perbaikan maupun penggantian meteran dan kabel instalasi yang sudah tak layak pakai tersebut,” tambahnya.

Dandim kembali menegaskan atas kerjasama yang baik tersebut, mengucapkan terima kasih kepada PLN Serui.

“Semoga kerjasama ini dapat selalu terjalin baik dan berkesinambungan kedepannya, sehingga pemeriksaan listrik ini dapat rutin dilaksanakan demi mencegah bahaya korsleting listrik yang dapat menyebabkan kebakaran di perumahan Kodim 1709/Yawa,” pungkasnya.[redaksi]