Ini Cara Babinsa Yapsel Melatih Murid SD YPK Serui Kibarkan Bendera Merah Putih

0
23

YAPEN, PapuaSatu.com – Guna memantapkan sikap dan gerakan petugas upacara bendera setiap hari Senin, Babinsa Koramil 1709-01/Yapsel Sertu Rustam Daud memberikan pelatihan pengibaran bendera merah putih kepada murid SD YPK Serui Laut, Distrik Yapen Selatan, Kabupaten Kepupauan Yapen , Minggu (15/09/2019).

Dalam kegiatan tersebut,  Sertu Rustam memberikan materi gerakan dasar Peraturan Baris Berbaris (PBB), sekaligus mengajarkan cara melipat bendera merah putih yang benar, khususnya kepada petugas pengibar bendera.

Kepada media ini, Sertu Rustam menejalskan bahwa tata cara upacara dan juga susunan upacara yang benar sesuai dengan aturan yang ada, agar pelaksanaan upacara bendera nantinya bisa berjalan lebih khidmat dan sakral.

Menurutnya, upacara bendera merupakan kegiatan yang dapat menumbuhkan jiwa nasionalisme khususnya bagi generasi muda.

“Oleh karenanya, dalam kegiatan upacara ini kita di didik tentang bagaimana caranya memahami dan menghormati lambang-lambang Negara, seperti Bendera Merah Putih sebagai Bendera Kebangsaan Indonesia. Jadi  mereka harus sungguh-sungguh dan penuh rasa tanggung jawab,” terang Sertu Rustam.

Sementara itu, guru pendamping SD YPK yang ikut menyaksikan proses gladi pengibaran bendera menyampaikan terimakasih dengan pelatihan yang berikan oleh Babinsa.

“Semoga, kegiatan pelatihan ini bisa menjadi kegiatan rutin yang dilaksanakan di sekolah kami, agar tertanam jiwa nasionalisme di dalam diri anak didik SD YPK ini,” ujarnya. [redaksi]