Ketua Dharma Pertiwi Daerah H Lesatarikan Budaya Lewat Pelatihan Membatik Bermotif Papua

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Ketua Dharma Pertiwi Daerah H Cenderawasih Ny. Mudi Herman Asaribab terus melestarikan  budaya Papua lewat pelatiha-pelatihan membatik Papua kepada anggota Dharma Pertiwi Daerah H.

Seperti pelatihan yang dilakukan di Aula Makore 172/PWY, pada Sabtu (26/09/2020). Pelatihan ini sekalus dalam rangka menyambut Hari Batik Nasional yang jatuh pada 2 Oktober 2020 bulan depan.

Ny. Mudi Herman Asaribab  menyampaikan terima kasih kepada ibu-ibu peserta pelatihan membatik bermotifkan Papua.

“Saya juga berterimakasih kepada Mama Blandina beserta tim pelatih yang sudah membagi ilmunya dalam membatik kepada Warga Dharma Pertiwi Daerah H selama 4 hari mulai tanggal 23 sampai dengan 26 September 2020 di Aula Makorem 172/PWY,” pada sambutannya pda acara penutupan pelatihan.

Istri Pangdam XVII/Cenderawasih ini berharap semoga pelatihan yang mengangkat tema “Pelatihan Membatik Lestarikan Keberagaman Budaya Papua, Sebagai Wawasan Nusantara Dharma Pertiwi Daerah H” dapat menambah keterampilan dan kecintaan kita terhadap budaya lokal. kegiatan ini juga membuktikan dedikasi, ketulusan, kecintaan terhadap batik dan melestarikan budaya Papua.

“Diharapkan para peserta memiliki pengetahuan dan keterampilan. apalagi dilihat dari antusiasme yang tinggi yang ditunjukkan oleh para peserta dan didukung penjelasan yang baik dari tim pelatih, saya yakin ibu-ibu terampil dalam membatik,”harapnya.

Lebih lanjut disampaikan, Ny Mudi Herman Asaribab  bahwa apabila masih ada hal-hal yang belum dimengerti, tanyakan dan lakukan komunikasi lanjutan kepada tim pelatih, sehingga membatik dapat diaplikasikan dalam kegiatan wirausaha maupun disosialisasikan kepada masyarakat khususnya generasi muda Papua.

“Apabila masih kurang paham, silahkan ibu-ibu bertanya kepada Tim Pelatih, agar nantinya kita dapat meningkatkan keterampilan membatik dan mensosialisasikan kepada masyarakat untuk mengenalkan serta mengagumi batik Papua,” pungkas Ny Mudi Herman Asaribab.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerakan PKK Jayapura, Kristin Binhur Tomi Mano yang turut hadir  mengapresiasi sekaligus menyampaikan terimakasih atas dilaksanakannya Pelatihan Membatik oleh Dharma Pertiwi Daerah H, semoga menjadi wadah tempat berkreasi Para Pembatik Papua.

Kegiatan dihadiri Ketua Korcab X Jalasenastri Armada III Ibu Ratna Yeheskiel Katiandagho, Ibu Lulu Budhi Achmadi Ketua PIA Ardhya Garini Pengurus Cabang  3/D.III Lanud Silas Papare, Ibu Kristin Binhur Tomi Mano selaku Ketua Tim Penggerak PKK Jayapura, Para Pengurus Dharma Pertiwi Daerah H, Mama Blandina Ursula Ongge beserta Para Tim Pelatih Membatik. [redaksi]