Pencarian Helli MI-17 Dihentikan Sementara

0
323
Wakapendam XVII/Cenderawasih, Letkol Inf Dax Sianturi, SE
Wakapendam XVII/Cenderawasih, Letkol Inf Dax Sianturi, SE

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Kodam XVII/Cenderawasih, menghentikan pencarian Helikopter MI-17 dengan nomor registrasi AH 5138 pada pukul 16.00 sore tadi.

“Untuk pencarian pada hari ke lima ini kita nyatakan untuk sementara dihentikan mulai pukul 16.00 WIT, kita akan lanjut esok hari lagi,” ungkap Wakapendam XVII/Cenderawasih, Letkol Inf Dax Sianturi, SE saat ditemui wartawan di Penerangan Kodam XVII/Cenderawasih, Selasa (2/7/2019) sore.

Ia menjelaskan, pencarian dihentikan lantaran mendapat laporan bahwa cuaca di Oksibil kompleks buruk dan tidak memungkinkan untuk melakukan pencarian melalui udara.

“Pencarian melalui udara tadi sudah kami hentikan pukul 14.00 WIT namun pencarian di darat masih sementara berlangsung hingga pukul 16.00 WIT,” katanya.

Dalam pencarian pada hari ke 5 ini, ada 4 titik yang ditinjau dan dengan melibatkan 2 unit Heli yaitu Heli Bell 412 milik TNI-AD dan Heli Bell 206 milik penerbangan sipil yang diperbantukan untuk tim melakukan pencarian.

Rute yang ditelusuri dalam penerbangan yaitu Kabupaten Oksibil – Kabupaten Okbibab. Kemudian tim pencari udara tidak hanya menyisir melalui udara namun mendatangi atau mendarati kampung-kampung dari atas dan berusaha mencari informasi pada masyarakat yang ada di kampung-kampung tersebut yang ada di distrik oksop, distrik okbibab dan distrik okbape,” jelasnya.

Sementara itu, tim darat tetap fokus melakukan penyisiran di distrik oksop terutama di sekitar gunung Mol. Namun sangat disayangkan, hingga kini masih belum ditemukan tanda-tanda dari helikopter MI AH 5138. [ayu]