Sambut HUT RI, Satgas Yonif Para Raider 501 Kostrad Hadirkan Listrik untuk masyarakat perbatasan

868
Terlihat Prajurit Satgas Yonif Para Raider 501 Kostrad membangun pasokan listrik di Kampung Kriko, Distrik Arso Timur, Kabupaten Keerom
Caption : Terlihat Prajurit Satgas Yonif Para Raider 501 Kostrad membangun pasokan listrik di Kampung Kriko, Distrik Arso Timur, Kabupaten Keerom. foto : Pendam/PapuaSatu.com

JAYAPUA, PapuaSatu.com – Listrik merupakan kebutuhan yang mendasar dalam kehidupan sehari hari. Tanpa pasokan listrik maka kegiatan sehari hari akan terganggu, seperti yang  masyarakat Kampung Kriko, Distrik Arso Timur, Kabupaten Keerom.

Diketahui bahwa masyarakat Kampung Kriko telah beberapa tahun belakangan ini hidup tanpa memiliki aliran listrik listrik. Bahkan listrik di Kampung Kriko selama ini masih bergantung pada Solar Cell yang disubsidi oleh Pemerintah, namun solar cell untuk penerangan jalan.

Dengan kondisi itu, Kamis 16 Agustus 2018  Satgas Yonif Para Raider 501 Kostrad Pos Pitewi berinisiatif membangun pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) dengan memanfaatkan aliran Sungai di Kampung Kriko.

Melalui Kepala Adat (Ondoapi) Kampung Kriko, Elis Bewangkir menyebutkan kehadiran Satgas Yonif Para Raider 501 sangat membantu masyarakat dalam membangun PLTA. “Kami salut dan memberikan apresiasi kepada TNI yang bisa membantu derita rakyat selama ini,” ujarnya.

Dansatgas Yonif Para Raider 501 Kostrad, Letkol INf Eko Antoni Chandra mengatakan, dalam acara peresmian PLTA Kampung Kriko menuturkan bahwa apa yang dilakukan oleh jajarannya semata mata adalah untuk membantu merealisasikan program Pemerintah yaitu program listrik masuk desa (Lisdes).

Selain itu, kata Eko, Satgas 501 Kostrad juga berharap di momen Hari Kemerdekaan ini masyarakat Kampung Kriko sudah dapat menikmati listrik di rumah mereka. Semoga hal kecil yang dilakukan ini bisa memberi arti kepada masyarakat Kampung Kriko yang saat ini sangat mengharapkan kehadiran listrik di Kampung mereka. [pendam/sony]