Satgas TMMD Siap Jadikan Kampung Kibay-Kabupaten Keerom Jadi Kampung Mandiri Pertanian

0
131

KEEROM, PapuaSatu.com –  Kampung Kibay di Kabupaten Keerom merupakan daerah subur akan pertanian.

Sebagian masyarakat di Kampung Kibay adalah petani yang memanfaatkan lahan pertanian untuk menanam tanaman bernilai ekonomis, seperti tanaman Vanili, Pinang, Jagung, Cengkeh, dalan lain-lainnya.

Dimana kampung Kibay menjadi salah satu kampung di Papua yang dipilih menjadi lokasi TMMD ke 107 dan  TMMD di Kampung ini dikerjakan langsung oleh Kodim 1701/Jayapura dengan  kegiatan utama membangun 1 gereja dan 4 rumah layak huni untuk warga.

Dengan daerah yang bercocok tanam di Kampung tersebut,  Babinsa Sertu Agus tidak hanya menginginkan daerha itu menjadi daerah tempat pelaksanaan TMMD ke-107, melainkan daerah Kampung Kibay bakal menjadi Kampung yang mandiri, sehingga dapat meningkatkan kemakmuran, kesejahteran dan keamanan.

Sertu Agus pun meyakinkan warga setempat bahwa kehadiran Satgas TMMD tidak hanya difokuskan pada pembangunan fisik, namun juga membantu warga menjadikan kampungnya mandiri.

Demikian disampaikan Sertu Agus di hadapan masyarakat yang sudah mulai merasa pembangunan yang dilakukan oleh aparat TNI melalui program Tentara Manunggal Membangun Desa, pada Minggu (29/03/2020).

‘’Dengan melihat kegigihan dan keuletan warga kampung Kibay, khususnya pada bidang pertanian, lambat laun menunjukkan hasilnya. Sebagai Satgas TMMD, kami senantiasa bertekad membantu warga,”ujar Babinsa Sertu Agus.

Hasilnya, saat ini warga kampung Kibay tidak hanya bisa menanam, tetapi sudah bisa membudidayakannya serta menyediakan bibit tanaman bagi kampung di sekitarnya yang terletak di Distrik Arso Timur.

Semua hasil tersebut tidak lepas dari peran Babinsa Kodim 1701/Jayapura dan pemerintah daerah dalam memajukan Kampung Kibay yaitu melalui pendampingan melalui kelompok-kelompok tani yang sudah dibentuk.

‘’Pembentukan kelompok  tani atas peran dan bantuan pemerintah Kabupaten Keerom dalam meningkatkan ekonomi masyarakat di bidang pertanian, termasuk dalam kegiatan penyuluhan, pemberian bantuan dan pendampingan,” kata Sertu Agus.

Saat ini ada sejumlah kelompok tani yang mendapatkan pendampingan yakni kelompok Tani Palawija yang ada di Kampung Kibay, serta Kelompok Tani Papua, Kelompok Tani Dua Saudara dan Kelompok Tani Kisunggi yang berada di Distrik Arso Timur. [redaksi]