Satgas TNI 405/SK Laksanakan Pramuka Di SD Inpres Jila Papua

MIMIKA, PapuaSatu.com – Pos Jila Satgas Yonif 405/SK Kolakops Korem 174/ATW membantu tenaga pendidik melalui pembinaan Pramuka kepada anak-anak Sekolah Dasar (SD) Inpres Jila, Distrik Jila, Kabupaten Mimika. Sabtu (01/10/2022).

Hal ini disampaikan Danpos Jila Satgas Yonif 405/SK Letda Inf Ricko Dwi Paksi, S.Tr. Han, dalam keterangannya.

Danpos Jila mengatakan bahwa dalam pelatihan Pramuka tersebut anggota Pos Jila Satgas Yonif 405/SK memberikan materi wawasan kebangsaan serta praktek cara membuat tandu.

“Wawasan kebangsaan berguna dalam membentuk generasi penerus bangsa yang memiliki jiwa Patriotisme dan Nasionalisme, sedangkan membuat tandu akan bermanfaat guna mengevakuasi siswa apabila ada yang sakit dan tidak mampu untuk berjalan,” kata Danpos Jila Satgas Yonif 405/SK Letda Inf Ricko Dwi Paksi, S.Tr. Han.

“Daerah Jila merupakan daerah yang tidak dapat diakses melalui kendaraan bermotor,  para siswa sering melihat sulitnya mengevakuasi apabila masyarakat ada yang sakit. Sehingga pelatihan membuat tandu penting untuk diberikan agar siswa memiliki gambaran dan pemahaman dalam menolong sesama.”

“Kegiatan pembinaan pramuka untuk para siswa sangat penting dalam membentuk karakter kepribadian, kedisiplinan dan rasa cinta tanah air kepada NKRI. Dengan karakter tersebut, diharapkan anak-anak dapat menerapkan dalam kehidupan sehari-hari di lingkungannya,” ujar Danpos.

Sementara itu, Kepala SD Inpres Jila Bapak Eliaser Belwawin mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada prajurit Satgas Yonif 405/SK yang telah membantu guru-guru SD Inpres Jila melalui kegiatan pembinaan Pramuka.

“Semoga kegiatan seperti ini dapat terus dilakukan oleh Prajurit Satgas Yonif 405/SK agar anak-anak didik kami menjadi lebih tertib dan disiplin dalam belajar di sekolah maupun lingkungan masyarakat,” tutupnya.[redaksi]