Satgas TNI Dampingi Tim BNPP-RI Tinjau PLBN di Papua

KEEROM, PapuaSatu.com  Dalam rangka peninjauan lokasi Pos Lintas Batas Negara (PLBN) oleh BNPP-RI, anggota Pos Waris Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis 512/QY mendampingi Tim BNPP-RI meninjau PLBN yang ada di Dusun Paytenda, Kampung Pund, Distrik Waris, Kabupaten Keera-Papua, Kamis (29/04/2021).

Dansatgas Letkol Inf Taufik Hidayat mengungkapkan bahwa Tim BNPP-RI beserta rombongan didampingi oleh anggota Pos Waris berjalan kaki menuju ke PLBN Dusun Paytenda dengan waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan dengan jarak sekitar 3 KM.

“Pengamanan peninjauan lokasi PLBN ini merupakan tanggung jawab kami karena Dusun Paytenda masuk dalam sektor tanggung jawab Pos Waris,” terang Letkol Taufik.

Dansatgas juga menjelaskan bahwa kegiatan pengamanan tersebut melibatkan 20 orang (10 orang anggota Pos Waris dan 10 orang anggota Pos Kalipay) yang dipimpin langsung oleh Komandan Kompi B Lettu Inf Nugraha Khofa dan Danpos Waris Letda Inf Tatok Pujianto.

“Pengamanan telah dilaksanakan oleh personel Satgas dan telah tiba di Pos PLBN Dusun Paytenda yang ditinjau oleh Tim BNPP-RI, akan tetapi sementara belum beroperasi karena masih dalam tahap pembangunan,” ungkap Dansatgas.

Turut hadir Wakil Bupati Keerom Wahfir Kosasih mengungkapkan bahwa pembangunan PLBN tersebut akan segera diselesaikan dan dioperasionalkan.

“Dalam waktu dekat pembangunan Pos PLBN ini akan segera di selesaikan, agar dapat di operasionalkan sebagai mana mestinya,” ucap Wahfir Kokasih.

Sementara itu, Kepala BNPP-RI Kholik mengungkapkan pihaknya akan terus memantau perkembangan pembangunan PLBN tersebut.

“Saya berterima kasih kepada Satgas Yonif 512/QY yang telah mendampingi, terima kasih kepadan Bapak Wakil Bupati dan seluruh pihak yang terlibat atas pembangunan Pos PLBN ini, kami Tim BNPP pusat juga berterima kasih kepada anggota TNI yang berpartisipasi dalam kegiatan ini hingga dapat berjalan dengan lancar,” pungkas Kepala BNPP-RI.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala PLBN Prov Papua Yan Z Numberi, Border Board Kabupaten Keerom Ronald Aez, Dirut kawasan perkotaan dan batas negara Kemendagri Thomas dan asissten deputi pengelolaan lintas batas negara Murtono. [redaksi]