Satgas TNI Tinjau Home Industri kepada Warga Perbataan RI-PNG

19

KEEROM, PapuaSatu.com – Sebagai upaya meningkatkan semangat warga binaan dalam berwirausaha, Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis 512/QY Letkol Inf Taufik Hidayat meninjau langsung pembuatan makanan ringan keripik, bertempat di Kampung Wonorejo Pir IV, Distrik Mannem, Kabupaten Keerom Papua. Rabu (15/9/2021).

Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis 512/QY Letkol Inf Taufik Hidayat mengatakan, kegiatan yang dilakukan untuk melihat secara langsung  bagaimana pembuatan makanan ringan keripik dari bahan dasar batang pohon pisang.

“Dalam menjalankan tugas pokok sebagai pasukan pengamanan perbatasan, anggota Pos Kotis meninjau sekaligu melakukan penyuluhan home industri pada warga binaan yang tinggal di perbatasan. Penyuluhan ini mendapatkan perhatian cukup baik dari warga. Terlebih lagi, selain penyuluhan wirausaha, juga dilaksanakan penyuluhan kesehatan dan merehab fasilitas umum,” ungkap Dansatgas.

Menurutnya, penyuluhan home industri rutin dilaksanakan di seluruh jajaran Pos Satgas Yonif Mekanis 512/QY, bertujuan mengajak masyarakat untuk memanfaatkan hasil bumi yang melimpah tapi belum dikelola dengan baik dan kurang mendapat perhatian..

Letkol Taufik Hidayat menjelaskan berbekal ilmu yang dimiliki sebagian anggota Satgas Pamtas maka diadakan penyuluhan home industri  tentang pemanfaatan pengelolaan hasil bumi menjadi produk makanan siap saji.

“Dengan telah diadakan penyuluhan ini diharapkan dapat membantu masyarakat setempat mendapatkan nilai tambah dalam segi perekonomian,” kata Dansatgas.

Tampak terlihat warga kampung Wonorejo sangat antusias mengikuti kegiatan home industri yang digelar, kegiatan tersebut menambah wawasan baru yang sangat bermanfaat.

“Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat memotivasi untuk lebih terampil dalam berkreasi memanfaatkan bahan-bahan yang ada di sekitar lingkungan untuk diolah menjadi produk-produk makanan siap saji yang akan lebih menarik pembeli dan mudah untuk dipasarkan,” tutup Dansatgas. [redaksi]