Tambah Kemampuan Pramuka, Kodim 1709/Yawa Beri Pelatihan Kompas

YAPEN, PapuaSatu.com Pramuka Saka Wira Kartika (SWK) yang merupakan binaan Kodim 1709/Yawa kembali mempertajam kemampuan yang dimiliki dengan melaksanakan kegiatan pembinaan Pramuka Penegak yang dilaksanakan di lapangan Makodim 1709/Yawa, (15/11/2020).

Kegiatan ini selain diikuti oleh Pramuka diikuti oleh 2 orang Pamong Saka Putri yaitu kak Harlisa, S. Pd dan kak Marsyanti, S. Hum, pelaksanaan kegiatan ini tetap menjalankan protokol kesehatan yakni dengan tetap memakai masker selama latihan.

Serda Amirudin Abd. Majid Way anggota Staf Teritorial Kodim menuturkan, kegiatan latihan ini bertujuan untuk membentuk dan membina generasi muda sehingga memiliki kemampuan yang diharapakan sebagai generasi penerus pemegang estafet pemimpin pemimpin bangsa di masa depan.

Materi yang diberikan adalah pembinaan materi Krida Navrat SKK Pengetahuan Peta dan Medan, dengan harapan peserta Pramuka  bisa menguasai kemampuan yang dimiliki sehingga nantinya dapat mudah menentukan posisi dan arah perjalanan baik di medan sebenarnya maupun pada peta.

“Yang pada aplikasinya, keahlian ini sangat berguna dalam usaha pencarian korban kecelakaan tersesat atau bencana alam. Untuk itu dibutuhkan pemahaman kompas dan peta serta teknik penggunaannya,” ujar Amir.

Amir menambahkan dengan kembalinya aktivitas pembinaan Pramuka SWK, diharapkan mampu membentuk karakter generasi muda agar mempunyai kepribadian yang kuat, bersemangat, ulet, pantang menyerah, disiplin, inovatif dan pekerja keras, demi mendorong kemajuan serta keberhasilan pencapaian cita-cita bangsa.

Nuraini, salah satu Pramuka mengatakan kami menyambut antusias pelatihan tersebut selain diberikan teori juga langsung mengadakan praktek di lapangan. “Kami sangat bertemikasih kepada pelatih khususnya Kodim,” pungkasnya. [redaksi]