TMMD Ke-115 Kodim 1702/JWY Di Distrik Tailarek Resmi Di Buka

WAMENA, PapuaSatu.com – Bupati Jayawijaya Jhon Richard Banua S,H, M.Si. menjadi Inspektur Upacara dalam rangka pembukaan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang ke-115 bertempat di lapangan Upacara Makodim 1702/JWY (11/10/2022).

Tentara Manunggal Membangun Desa atau disingkat (TMMD) merupakan suatu bentuk kegiatan serta kerjasama antara pihak TNI dengan Pemerintah Daerah dalam rangka membangun serta memajukan infrastruktur Desa terpencil.

Dengan dibukanya TMMD ini membuktikan bahwa di Kabupaten Jayawijaya telah terbangun ¬†sinergisitas antara TNI-Polri dan Pemerintah Daerah untuk mempercepat dalam pelaksanaan pembangunan daerah terlebih tema kemanunggalan kali ini adalah ‚ÄúTMMD Dedikasi Terbaik Membangun NKRI”.

Kali ini Kodim 1702/JWY menurunkan sebanyak 150 personil yang terbagi dalam Tim Medis, Pekerja serta Tim Pengamanan guna mensukseskan kegiatan TMMD agar berjalan dengan lancar dan sesuai target.

Bupati Jayawijaya sebagai Irup dalam sambutannya menyampaikan bahwa setiap Tahun Kodim 1702/ Jayawijaya menyelenggarakan TMMD secara bergiliran pada setiap Distrik.

“Atas nama itu kami pemerintah kabupaten Jayawijaya memberikan apresiasi kepada Kodim 1702/ Jayawijaya dan seluruh pihak-pihak terkait,” ucapnya.

“Saya ingin mengajak kepada peserta upacara untuk mengingat kembali akan tujuan pelaksanaan TMMD ini untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, wawasan kebangsaan, kesadaran bela negara, kepatuhan hukum, pola hidup sehat dan gotong royong sehingga tercipta stabilitas keamanan serta situasi kondusif untuk menghadapi gangguan demi terwujudnya pertahanan nasional,” tutup Bupati.

Dilain kesempatan Dandim 1702/JWY Letkol Cpn Athenius Murip S.H.,M.H., menyatakan bahwa TMMD kali ini ditempatkan di Desa terpencil dengan jarak tempuh 45 KM dari Kota Wamena.

“Kegiatan TMMD kali ini dilaksanakan di Distrik Tailarek Kab. Jayawijaya yang memiliki situasi geografi pegunungan serta akses menuju sasaran sepenuhnya belum teraspal,” ucap Dandim.

Lanjutnya Dandim menjelaskan bahwa sasaran TMMD kali ini yaitu dengan membangun fasilitas desa berupa 2 unit perumahan serta 1 unit gudang penampungan Desa.

“Sasaran TMMD kali ini yaitu dengan membangun infrastruktur Desa serta memberikan pembekalan dan pengenalan dibidang Hukum, Agama, Pertanian serta Kesehatan,” ujarnya.

Dandim berharap agar TMMD kali ini berjalan dengan baik dan mencapai target yang diharapkan. “Selain itu harapan saya adalah dapat mensejahterakan masyarakat Distrik Tailarek dengan terbukanya akses yang dapat memasarkan hasil bumi agar dapat bersaing dipasaran,” pungkas Dandim.[yat]