Wujudkan Anak Papua Cerdas, Dankolakopsrem 172/PWY Resmikan Pondok Baca dan Taman Bermain di Kampung Mosso

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Dankolakopsrem 172/Praja Wira Yakthi, Brigjen TNI Izak Pangemanan M.Han dan Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis Raider 413/BRM Kostrad serta Komunitas Honda PCX CLUB Indonesia (HPCI) Jayapura Chapter meresmikan Pondok Baca dan Taman Bermain Anak di Kampung Mosso, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, tepat  depan Pos Mosso Satgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 413 Kostrad.

Diketahui bahwa Kegiatan peresmian Pondok Baca dan Taman Bermain Anak di Kampung Mosso, Distrik Muara Tami, Kota  ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Dansatgas Yonif MR 413 Kostrad dan Ketua HPCI Jayapura Chapter dan dilanjutkan dengan pemotongan pita secara simbolis oleh Wakil Walikota Jayapura Bapak Ir. H. Rustan Saru M.M. yang menandakan resminya Pondok Baca dan Taman Bermain Anak digunakan oleh masyarakat Kampung Mosso, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura.

Brigjen TNI Izak Pangemanan M.Han selaku Dankolakopsrem 172/PWY dalam sambutannya menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Satgas Yonif MR 413 Kostrad Bersama HPCI Jayapura Chapter.

“Saya sangat mengapresiasi atas dedikasi dan pengabdian Satgas Yonif MR 413 Kostrad yang selalu konsisten berbuat terbaik untuk masyarakat Perbatasan RI-PNG, juga kepada komunitas HPCI Jayapura Chapter yang sama-sama bertujuan untuk mewujudkan Anak Papua yang dapat diandalkan di masa mendatang,” ujarnya.

Brigjen Izak Pangemanan juga menyampaikan bahwa pemberian pelatihan pembuatan Pot dan Getuk Goreng yang diberikan Satgas kepada masyarakat tentu akan sangat bermanfaat. “Saya harap ini menjadi alternatif atau mata pencaharian baru bagi masyarakat Kampung Mosso,” harapnya.

Lebih lanjut disampaikan bahwa, rencana akan membantu pihak pemerintah untuk mendukung UKM baru ini sehingga masyarakat memiliki modal awal untuk memulainya. “Kita harus bantu masyarakat agar perekonomian mereka naik  yang akhirnya masyarakat sejahterah,” ucapnya.

Sementara itu, Wakil Walikota Ir. H. Rustan Saru M.M menyampaikan rasa terimakasih kepada TNI khusnya kepada Satgas Yonif MR 413 Kostrad dan HPCI Jayapura Chapter atas kreativitasnya dalam pembuatan Pondok Baca dan Taman Bermain ini.

Diketahui bahwa anak jaman sekarang tak terkecuali di Jayapura, sejak lahir hingga masa pertumbuhannya selalu dikelilingi oleh gadget atau Handphone, sehingga Pondok Baca ini sangat dirindukan kehadirannya khususnya di masa Pandemi Covid-19 ini agar dapat merubah perilaku buruk dari dampak gadget tersebut.

“Jadi yang biasanya mereka pulang sekolah main Handphone, kini dengan adanya Pondok Baca dan Taman Bermain ini diharapkan mereka dapat menambah wawasan dari yang mereka dapat di sekolah serta yang terpenting masa bermain mereka dengan rekan sebayanya tidak hilang.” Tutur Wakil Walikota,” pungkasnya. [redaksi]