Antisipasi Situasi Pasca Kerusuhan di Timika, TNI-Polri Gelar Apel Gabungan

241

Pangdam XVII/Cenderawasi , Mayjen TNI George Elnadus Supit dan Kapolda Papua, Irjen Pol Boy Rafli Amar beserta jajaran TNI-Polri foto bersama usai gelar Apel gabungan. Foto: Istimewa



Jayapura, Papuasatu.com Melihat perkembangan situasi pasca kerusuhan yang dilakukan oleh mantan karyawan PT.FI maka perlu diambil langkah-langkah konkret untuk mengantisipasi adanya gelombang aksi susulan yang bisa mengancam Kamtibmas. Menyadari akan pentingnya hal tersebut maka jajaran Kodam XVII/Cenderawasih dan Polda Papua menyiapkan anggotanya dengan menggelar apel gelar pasukan gabungan TNI/Polri di Lapangan Timika Indah, Senin (21/08).

Kegiatan ini diikuti sekitar 500 orang yang melibatkan anggota TNI/Polri yang dipimpin langsung oleh Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI George Elnadus Supit dan Kapolda Papua, Irjen Pol Boy Rafli Amar.

Dalam apel gabungan ini Pangdam XVII/Cenderawasih menyampaikan pengarahannya bahwa, “Kegiatan ini dilaksanakan untuk pengamanan kesiapsiagaan pasca kerusuhan kemarin yang membuat Kamtibmas terganggu serta menunjukkan keberadaan TNI/Polri yang akan menindak tegas setiap pelanggaran dan harus ditindak sesuai UU. Aparat keamanan harus siap menjaga Obyek vital nasional seperti PT.FI, dan keberadaan kita adalah untuk mengamankan negara khususnya keamanan di Kabupaten Mimika serta jaga kekompakan antara TNI dan Polri untuk memberikan rasa aman kepada seluruh warga masyarakat sekitar”, tegas Pangdam.

Kapolda Papua juga memberikan pengarahannya bahwa, “Tugas TNI dan Polri adalah menjaga keutuhan negara serta rakyat Indonesia yang merupakan sahabat masyarakat yang cinta damai, selain itu oknum perusuh kemarin sudah ditangkap dan akan diproses sesuai hukum. TNI/Polri harus bisa melakukan deteksi dan pencegahan terhadap oknum yang akan mengganggu Kamtibmas di wilayah Timika dan kita juga akan tegakkan larangan bagi sekelompok masyarakat yang menginginkan kerusuhan atas nama organisasi”, lanjut Kapolda.

Setelah apel gabungan selesai, selanjutnya Pangdam beserta Kapolda Papua dan rombongan dengan menggunakan Ranpur melaksanakan show of force di sekitar Kota Timika dilanjutkan menuju Kuala Kencana tepatnya di areal Light Industrial Park, Kuala Kencana untuk memberikan kepastian rasa aman kepada karyawan yang memilih untuk melanjutkan bekerja dan selanjutnya kegiatan tersebut berakhir terpusat di Mako Denkav-3/SC. (Abe)