Kabupaten Jayapura Siap Gelar Gala Kampung

489

Caption Foto : Asisten I Bidan Pemerintahan Umum Setda Kabupaten Jayapura, Abdul Rahman Basri, S.Sos, MKP. (Yanpiet/PapuaSatu.com)

SENTANI, PapuaSatu.com – Pemerintah Kabupaten Jayapura siap menggelar Gala Kampung. Hal itu sebagai tindaklanjut pencanangan Pemerintah Pusat di seluruh kabupaten se Indonesia, termasuk kabupaten Jayapura.

“Berdasarkan hasil koordinasi antar para pihak, terutama Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) dari aspek kesiapan sudah sangat siap untuk menggelar Gala Kampung,” ujar Asisten I Bidan Pemerintahan Umum Setda Kabupaten Jayapura, Abdul Rahman Basri, S.Sos, MKP kepada media ini di ruang jerjannya, kemarin.

Dikatakan, Gala Kampung merupakan sebuah implementasi gerakan ‘Ayo Olahraga’ guna terciptanya pembudayaan olahraga di masyarakat kampung dan kelurahan dalam rangkah meningkatkan kebugaran dan kesejahteraan jasmani, munculnya masyarakat berpotensi olahraga dan memiliki karakter yang kuat.

Gala Kampung, menurut Abdul Basi merupakan bagian penting untuk menjawab INPRES nomor 1 Tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat yakni melalui aktivitas fisik juga sebagai bentuk implementasi Nawacita Presiden memalui pembangunan dimulai dari kampung.

“Lewat Gala Kampung dapat memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada masyarakat di kampung untuk melakukan aktivitas gerak jasmani agar memiliki tingkat kebugaran dan kesehatan prima sehingga dapat berperan serta dalam pembangunan di pedesaan untuk mengsejahterakan masyarakat,” ungkapnya.

Disamping itu, sangatlah penting bahwa melalui Gala Kampung dapat meningkatkan sportivitas dan solidaritas masyarakat kampung dan kelurahan sekaligus membangun karakter yang tangguh, pada akhirnya dapat memunculkan bibit olahragawan potensial untuk meningkatkan prestasi olahraga nasional.

“Kami berharap agar semua komponen, pemerintah, swasta, pemuda maupun masyarakat umum di daerah ini dapat memberikan dukungan supaya Gala Kampung dapat terlaksana dengan baik dan sukses,” harap Asisten I Setda Kabupaten Jayapura. (piet/nius)