Kembangkan Pertanian, Fakultas Peternakan Unipa MoU dengan Polbangtan Manokwari

80

MANOKWARI, PapuaSatu.com – Guna mengembangkan pembangunan pertanian di Kabupaten Manokwari, khususnya dan secara umum di Papua Barat. Fakultas Peternakan Universitas Papua (Unipa) Manokwari melakukan perjanjian kerjasama atau Memorandum of Understanding (MoU) bersama Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Manokwari pada Senin, (25/7/22) lalu.

MoU itu, menurut Dekan Fakultas Peternakan Unipa, Ir Deny Anjelus Iyai, S,Pt., M.Sc., IPU terkait Tri Dharma Perguruan Tinggi di bidang pendidikan penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

Dia berharap dengan menggandeng Polbangtan Manokwari, maka secara resmi kegiatan-kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi dapat dengan resmi dilakukan.

Selama ini, Fapet telah melakukan tugas pembantuan visiting professor, visiting lecture ke Polbankan dan juga sharing kegiatan-kegiatan di bidang penelitian serta publikasi.

“Di Polbangtan juga ada jurnal-jurnal yang dikelola untuk publikasi naskah penelitian juga di Unipa di Fapet itu juga ada jurnal-jurnal yang bisa menyediakan tempat ruang bagi para peneliti untuk mempublikasikan hasil-hasil penelitiannya,”ungkap Deny, Selasa (04/8/2022).

Menurutnya, Polbangtan Manokwari merupakan perguruan tinggi Pertanian yang berkaitan dengan bidang vokasi dan sudah memiliki track record yang bagus. Polbangtan lanjut Deny, berada di bawah Kementerian, sehingga sangat strategis peran Polbangtan dan Unipa khususnya fakultas Peternakan harus melihat kerjasama itu sebagai sebuah entry point.

“Dengan adanya kerjasama ini kita berharap bahwa, visi dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi  yang terkait dengan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM, red) ini bisa dilaksanakan,” jelas Deny.

Dikatakannya, kerjasama tersebut merupakan peluang Fapet untuk membangun kerjasama dengan mitra-mitra perguruan tinggi yang ada, salah satunya adalah Polbangtan Manokwari.

“Kami bersama dengan pihak Polbangtan akan mengembangkan program MBKM yang sudah disepakati. Sehingga mahasiswa juga dari Polbangtan ataupun juga mahasiswa dan sebaliknya mahasiswa dari Fapet, juga bisa mengikuti kegiatan-kegiatan ataupun program pembelajaran di antara dua lembaga ini,” tutupnya.  [free]