Penemuan Mortir di Bucend II Gegerkan Warga

289

Caption Foto : Anggota Brimob Jibom Brimob Polda Papua ketika mengevakuasi dua kepala Mortir di Perumahan Bucend II Entrop, distrik Jayapura Selatan, Rabu 18 Oktober 2017. (Nius/PapuaSatu.com)

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Warga Perumahan Bucend II Entrop, Kelurahan Ardipura, distrik Jayapura Selatan-Kota Jayapura sempat digegerkan atas penemuan dua buah Mortir di salah satu bangunan, pada Rabu (18/10/2017) pagi pukul 09.30 WIT.

Mortir yang diketahui merupakan peninggal perang dunia kedua ini ditemukan pertama kali oleh Rento Somaikubun (34 thn) dan Hendrik Hukubun (63 thn).

Awalnya, kedua saksi sedang menggali tanah untuk pembutan pondasi pembangunan rumah Rento Somaikubun dan tiba tiba menemukan dua buah benda yang diduga kepala mortir peninggalan perang dunia kedua.

“ awalnya melihat dua buah kepala  Mortir itu sehingga saya sampaikan ke Hendrik Hukubun. Namun ada rasa takut langsung melaporkan ke Polsek Jayapura Selatan,” kata Rento saa berada dilokasi kejadian.

Beberapa saat kemudian, piket Polse Jayapura Selatan yang dipimpin langsung oleh Ipda Septianus menuju lokasi kejadian untuk mengamanakn Tempat Kejadian Perkara (TKP), yang kemudian menghubungi piket unit Jibom Subden Gegana Sat Brimob Polda Papua.

Sektar pukul 11.36 WIT Tim Jibom Subden Gegana Sat Brimob Polda Papua yang dipimpin oleh Iptu Slamet Mulyono tiba lokasi kejadian dan mengamankan dua buah Mortir tersebut.

Juru bicara Polres Jayapura Kota, Inspektur Satu  Jahja Rumra SH mengatakan, kedua benda yang diduga kepala Mortir peninggalan perang Dunia kedua ini langsung dievakuasi oleh tim jibom Subden Gegana Sat Brimob Polda Papua bersama piket SPKT regu II Polres Jayapura Kota ke dermaga Pol Air Polda Papua.

“ Kedua Mortir ini sudah diamankan karena ditakutkan akan membahayakan bagi warga. Kami berterimakasih kepada masyarakat yang telah memberikan informasi kepada pihak kepolisian atas penemuan dua mortir tersebut,” ujarnya. (nius)