Puluhan Rumah di Weref Ludes Terbakar

501

Satu Orang Warga Dilarikan ke RSUD Dok II

JAYAPURA, PapuaSatu.com –  Puluhan  unit Rumah di Kampung Weref Kelurahan Argapura distrik Jayapura Selatan-Kota Jayapura, ludes terbakar dilahap si jago merah, pada Selasa (24/10/2017) dini hari.

Dari beberapa keterangan warga di lokasi kejadian, api tersebut diduga berasal dari ruumah milik H. Rahima yang terletak di lantai 2 kamar Faizal, sehingga api merembet ke rumah warga lainnya dan saat ini, Faizal dirawat di  RSUD Dok II Jayapura untuk mendapat perawatan medis akibat luka bakar di lenganan kanan dan kiri.

Meski tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut, namun harta benda milik warga setempat hilang sekejap.  Kini pihak kepolisian masih  memintai keterangan sejumlah saksi dan melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP).

Ardi salah satu warga setempat yang juga menjadi korban kebakaran itu menyebutkan, dirinya tidak menyangka ada kebakaran itu. “ tadi saya dengar suara teriakan kebakaran dan begitu saya keluar ternyata kobakaran api sudah diatas atap,” katanya.

Ardi pun  kembali masuk untuk berusaha menyelamatkan barang-barang berharga miliki di dalam rumah. “ kami tidak sempat menyelamatkan semua barang berharga yang ada di dalam rumah. Kami hanya berusaha surat-surat penting dan pakaian apada adanya,” katanya dengan nada sedih.

Sementara itu, saksi mata bernama Suriati (45) yang juga korban kebakaran itu  menjelaskan, awalnya mendengar suara ledakan dari arah depan rumahnya tepat di rumah tetangganya Nurjaya.

Suriatipun  keluar dan melihat gumpalan asap serta kobaran api di atap rumah-rumah warga. Lantas kejadian itu, ia berteriak dna warga setempatpun bergegas keluar dan berusaha  menyelamatkan barang-barang didalam rumah milik mereka.

Empat unit mobil pemadam kebakaran  Kota Jayapura langsung menuju lokasi kejadian untuk berusaha memadamkan api dibantu 1 Unit Mobil Water Canon milik Polres Jayapura Kota berusaha memadamkan api, namun api terus mengamuk sehingga rumah milik warga ludes terbakar.

Juru bicara Polda Papua, Kombes Pol AM Kamal ketika dikonfirmasi  membenarkan kebakaran tersebut. “ betul ada kebakaran itu, tadi kita sudah di TKP untuk membantu memadamkamkan api serta membantu masyarakat menyelamatkan barang-barang,” katanya.

Iapun menegaskan, belum mengetahui secara pasti asal api tersebut karena tim dari kepolisian masih melakukan Olah TKP untuk melakukan penyelidikan dan penyidikan. “Kita tidak bisa pastikan pai berasal dari mana. Karena ada tim Forensik yang bisa mengetahui penyebab kejadian tersebut,” pungkasnya. (nius)