Ratusan Rumah di Sentani Terendam Banjir

1429

Caption Foto : Warga RT 2 kampung yahim sentani kabupaten jayapura saat membersihkan air yang telah masuk ke dalam Rumah Warga, Senin (12/2/2018). (Tinus Yigibalom/PapuaSatu.com)

SENTANI, PapuaSatu.com – Ratusan rumah di kawasan perumahan BTN Gajah Mada Permai Sentani, dan Kampung Yahim kabupaten Jayapura-Papua terendam banjir, pada Senin (12/2/2018).

Dari data yang diperoleh PapuaSatu.com, tercatat sekitar 205  unit Rumah terendam banjir dengan ketinggian mencapai hampir 1 meter dari atas tanah. Musibah ini, terjadi akibat hujan mengguyur Kota Sentani, kabupaten Jayapura, pada Minggu (11/2/2018) malam hingga  dini hari, Senin (12/2/2018).

Ketua RT 2, Kampung Yahim kabupaten Jayapura, Saber Nainggolan, mengaku masyarakat setempat kesal dengan banjir yang terjadi ini.  “ini sudah dua kali terjadi banjir, Banjir terjadi karena banyaknya pembangunan perumahan yang dilakukan oleh Developer tanpa melihat Amdal. Mereka membangun tapi tidak melihat resiko yang terjadi,” katanya kepada PapuaSatu.com.

Oleh karenanya, Saber meminta kepada Pemerintah kabupaten Jayapura untuk  melakukan pertemuan dengan pihak developer dan masyarakat kampung setempat agr bisa mengatasi banjir di wilayahnya.

“Kami sudah pernah mencoba menghubungi pihak terkait namun tidak ada tindakan nyata yang   dilakukan. Jangan kami nanti sudah korban,  baru Pemerintah turun tangan. Kami minta segera mengatasi persoalan ini,” tukasnya.

Ia  mengatakan, masyarakat setempat tidak tau bagaimana cara mengatasi musibah banjir di wilayahnya. Hanya pemerintah  dan pihak developer yang mengetahui hal ini. Kami masyarakat butuh harapan dari pemerintah,”   harap Saber. [tyi/loy]