Selamatkan Generasi Papua, Yohana Yembise Gelar Dialog Interaktif

532

MANOKWARI, PapuaSatu.com – Untuk menyelamatkan dan mencegah penyalagunaan Narkoba maupun Lem Aibon pada Generasi Papua agar tidak bertambah, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlndungan Anak, Yohana Yembise, dan BNN Perwakilan Papua Barat menggelar dialog interaktif di salah satu hotel termewah di Manokwari, Papua Barat, Senin (2/10/2017).

Dialog yang berlangsung sekiar pukul 10.00 WIT sampai dengan 13.30 WIT itu dihadiri Wakil Gubernur Papua Barat Mohammad Lakotani, Ketua PKK Provinsi Papua Barat Yuliana Mandacan dan Bupati Manokwari Demas Paulus Mandacan serta sejumlah unsur Forkopimda.

Dalam dialog interaktif itu, Yuliana Mandacan mengatakan,  tujuan kedatangan Menteri Yohana di Papua Barat untuk menyelamatkan generasi Papua yang sudah dan belum terlibat narkoba, agar jumlahnya tidak bertambah.

“Kita berharap dengan adanya kedatangan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anka ini dapat menjadi semangat kepada pemerintah untuk mendorong fasiliatas rehabilitasi bagi pengguna Narkoba,”kata dia.

Pasalnya, berdasarkan data selama 2010-2014 yang telah direhabilitasi 34.467 jiwa di Indonesia. Namun tahun ke tahun angka penyalagunaan narkoba terus naik. Maka, lanjut dia, perlu ada perhatian bersama dari semua pihaknya.

“Khusus di Papua Barat hal yang menjadi kendala sampai saat ini adalah tempat pelayanan  rehabilitasi medis,” kata Yuliana.

Sementara dalam kesempatan ini, Muhamad Lakotani, Wakil Gubernur Papua Barat menyatakan bahwa untuk memutuskan mata rantai pengguna narkoba perlu kerjasama, tidak hanya pemerintah tapi di dunia pendidikan pun harus dilakukan pencegahan.

“Maka saya meminta kepada pihak sekolah bisa bekerjasama dengan pihak BNN agar harus memberikan materi  sosialisasi kepada anak sekolah tentang bahaya narkoba,”tutup Lakotani. (Free/Abe)