Sentra Gakkumdu Harus Bekerja Profesional Tanpa Tabrak Aturan

713

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Pelaksanaan Pemilihan Gubernur Papua dan Wakil  Gubernur Papua dan pemilihan kepala Daerah di tujuh kabupaten Provinsi Papua 2018, tinggal beberapa bulan lagi.

Dalam menghadapi Pilgub dan dan Pilbup, maka Sentra Penegak Hukum Terpadu (Gakkumdu)   yang didalamnya,  Bawaslu Papua, Kejaksaan Tinggi Papua dan pihak  Kepolisian Daerah Papua  melaksanakan rapat koordinasi dan  pelatihan  penguatan dan kapasitas sentra Gakumdu berbasis  Aplikasi.

Rakor dan pelatihan berbasis aplikasi ini berlangsung di Ball Room Aston-Hotel Jayapura, Rabu (7/2/2018) malam,  yang ditandai pembukaan oleh Kapolda Papua Irjen Pol Drs. Boy Rafli Amar didampingi Ketua Bawaslu Papua dan Kepala Kejaksaan Tinggi Papua.

Pada kesempatan itu, Kapolda Papua Irjen Pol Drs. Boy Rafli Amar Gakkumdu yang tergabung dalam anggota Bawaslu,  Kejaksaan dan kepolisian bisa melaksanakanpilkada sesuai dengan mekasnisme hukum atau peraturan yang berlaku di Negara.

Kapolda pun berharap Gakkumud bisa bekerjasa secara profesional dalam dalam melaksanakan tahapan Pilgub tanpa tabrak  taturan yang berlaku.

Apapun langkah-langkah dalam Sentra Gakkumdu, kata Kapolda, dalam institusi kepolisian akan tetap mendukung dan memback-up agar proses pilkada di Papua bisa berjalan dengan damai, namun diharapkan Indepedensi rekan-rekan harus menjadi nomor satu.

“ profesionalisme harus di kedepankan karena peradaban demokrasi di Papua ini tergantung oleh rekan-rekan. Apabila ada mekanisme dalam proses pungutan suara nanti tidak sesuai dengan undang undang makan rekan-rekan harus tegas,” tekan Kapolda.

Menurutnya, aturan dari KPU menjadi rujukan kita agar proses yang berjalan sesuai aturan, namun perlu kecermatan, ketegasan, ketrampilan untuk analisi masalah di lapangan.  “ dengan latar belakang yang rekan-rekan miliki kami berkeyakinan memiliki pengalaman tersendiri. Tentu sangat menguntungkan dan memantapkan rekan-rekan dalam analisis temuan di lapangan,” paparnya.

Lebih lanjut disampaikan Kapolda bahwa sinegritas diantara rekan-rekan sangat penting, baik itu panwas penyidik kejaksaan diharapkan bisa saling komunikasi, saling mengingatkan tentang hal-hal yang penting. “ apa bukti awal yang penting yang harus dikumpulkan, Pada rekan-rekan dari panwas tentu perlu kecermatan namun itu harus diasah,” ujarnya

Kapolda berharap dalam proses peningkatan kapasitas, beberapa hari kedepan ini saling meningkatkan hubungan erat antar anggota Gakkumdu dan nanti narasumber akan memberikan ilmu yang penting

“Kita harus proaktif untuk menghindari hal-ha yang menyimpang, lakukan tindakan dan kembalikan ke jalur yang sebenarnya.  Apabila ada tindakan tidak netral oleh pihak kepolisian maka rekan-rekan harus tegas,” harapnya.

Dikatakannya, penetapan pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur akan berlangsung beberapa waktu kedepan, sehingga diharapkan kepada Bawasli ikut mencermati masing-masing daerah di Provinsi Papua yang dicintai bersama. [loy]