Siswa SLB Juara III Nasional Ikut Lomba Karaoke Kodam XVII/Cenderawasih

963

JAYAPURA, PapuaSatu.com –  Siswa Sekolah Luar Biasa (SLB) kelas I tingkat SMP Kota Jayapura yang merupakan salah satu juara III tingkat nasional lomba nyanyi, siap mengikuti perlombaan Karaoke yang digelar Kodam XVII/Cenderawasih pada tanggal 23-24 September 2017 dalam rangka menyambut HUT TNI ke 72.

Siswa bernama Alferon Jacklius Jitmau asal kabupaten Merauke ini, diyakini bakal bisa bersaing dengan ratusan peserta lomba karaoke yang telah disiapkan oleh panitia lomba yang dilaksanakan di Studio Cenderawasih 107,2 FM makodam XVII/Cenderawasih, pada tanggal 23-24 September 2017 nanti.

Manggar Istanti selaku guru pendamping Alferon Jacklius Jitmau mengatakan, dengan kesiapan mental dan latihan yang dilakukan oleh Alferon maka sudah siap untuk mengikuti lomba karaoke yang digelar Kodam XVII/Cenderawasih.

“Minat Alfron yang merupakan Tuna Daksa dan Tuna Grahita ini sudah siap dan tampil untuk mengikuti lomba Karaoke. Apalagi telah didukung kedua orang tuanya pada perlombaan nanti,” kata Manggar kepada PapuaSatu.com ketika mendaftar di Studio Cenderawasih 107,2 FM, Rabu (22/9/2017) kemarin.

Manggar mengaku tidak khatir siswanya untuk ikut lomba, karena Alferon merupakan anak didik yang selalu siap mental. Apalagi Alferon sering mengikuti lomba Karaoke, baik ditingkat Provinsi Maupun ditingkat Nasional hingga memraih juara III.

“Alferon tetap siap walaupun memiliki keterbatasan yakni tidak bisa melihat dan membaca tapi memiliki kelebihan dalam vokal maupun dalam bahasa.  Kami juga yakin, dengan lagu yang dihafal bisa menguasai,” katanya.

Untuk menang atau tidak, bagi Manggar tidak mempersoalkan namun yang terpenting adalah bagaimana memberikan pelatihan kepada Alferon untuk bisa tampil dalam perlombaan. “Dia kan SLB dan pasti ada nilai plus daripada anak normal lainnya. Anak SLB yang buta aksara ini bisa menyanyi dengan pandai sangat luar biasa dibanding dengan orang normal,”  ujarnya.

Soal lagu yang akan dibawakan, tutur Manggar, pihaknya sudah disiapkan baik itu lagu wajib yang sudah ditetapkan oleh Panitia Lomba yakni, Indonesia Pusaka maupun lagu bebas berjudul Tanah Papua. “Saya yakin bisa bersaing dengan teman-teman sekolahnya yang ikut mengambil bagi pada perlombaan nanti,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia lomba, Mayor ARH Parlan mengatakan, selain lomba karaoke dalam rnagka menyemarakkan HUT TNI ke 72 tahun ini, Kodam XVII/Cenderawasih juga memiliki Misi untuk menggali bakat adek-adek pelajar baik SMP maupun SMA di dunia nyanyi.

Dimana dalam perlombaan nanti melihat ada bakat siswa/siswi SMP dan SMA dalam dunia nyanyi maka akan di orbitkan baik ditingkat Provinsi maupun Go Internasional.

“Bukan saja karaoke tapi juga melibatkan mereka baik itu vokal group, Tari Yospan. Intinya kita ingin mengangkat kearifan lokal untuk selalu dilestarikan setiap momen di tanah Papua,” kata Mayor Parlan kepada PapuaSatu.com, Jumat (22/9/2017).

Ia mengemukakan, dalam lomba Karaoke ini akan melibatkan tiga juri yakni, juri dari Inul Fiesta, BRI dan juga dari Kodam XVII/Cenderawasih. “Jadi, siapapun yang keluar sebagai Juara I, II,III akan diorbitkan untuk mengikuti pada ajang tingkat Provinsi maupun tingkat Internasional,” tukasnya.

Mayor Parlan menguatarakan, Kodam XVII/Cenderawasih ingin anak-anak muda yang merupakan penerus bangsa bisa mengikuti jejak seperti penyanyi asal Papua, Nowela yang kini telah terkenal di dunia nyanyi.

Meski lomba Karaoke yang digelar Kodam XVII/Cenderawasih baru pertama kali, namun Mayor Parlan merasa yakin bahwa lewat perlombaan nanti bakal melahirkan bakat-bakat suara yang begitu baik untuk mengikuti di ajang lomba lainnya.

Lebih lanjut disampaikan Mayor Parlan, perlombaan karaoke sengaja dilakukan di Studio Radio Cenderawasih 107,FM. Dimana karaoke bakal disiarkan secara langsung sehingga bagi masyarakat yang tidak bisa melihat langsung anak-anaknya maupun saudara di Studio, maka bisa mendengar langsung melalui radio. (nius/don)