WWF Resmikan Pantai Jeen Womom Tambrauw Jadi kawasan KKP3K

545

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Direktur WWF Program Indonesia Region Papua Benja Victor Mambai, mengatakan penetapan ini pantai Jeen Women berdasarkan Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 53/KEPMEN-KP/2017 Tentang Kawasan konservasi Pesisir Pulau-Pulau Kecil  (KKP3K) Jeen Womom dan Perairan sekitarnya, pada 22 Desember 2017 dengan luas keseluruhan kawasan 32.250,86 Hektar.

Pantai Jeen Womom resmi ditetapkan sebagai kawasan Konservasi Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil di kawasan konservasi Kabupaten Tambrauw Provinsi Papua Barat.

“Kawasan ini menjadi kebanggaan bagi masyarakat dan pemda karena bukan saja sebagai tempat peneluran terbaik, tetapi juga melihat penyu dengan daya jelajah yang luas memiliki makna strategis,” kata Direktur WWF Region Papua, Benja Victor Mambai dalam rilis yang di terima media, Kamis (1/2/2018).

Dikatakan, program ini membuka peluang terbangunnya kerjasama dengan berbagai pihak di Papua Barat baik secara regional dan internasional, di mana WWF-Indonesia sebagai bagian dari institusi yang bersama-sama pemda setempat juga pemangku kepentingan lain yang terlibat dalam forum kolaborasi menyambut baik penetapan ini.

“Jadi, SK Penetapan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan bukanlah akhir, namun merupakan awal dari perjuangan pengelolaan konservasi untuk melestarikan penyu belimbing dan habitatnya,” jelas Benja.

Ke depan, kata Victor, WWF-Indonesia berharap bersama-sama masyarakat dan mitra termasuk di dalamnya pemerintah daerah, perguruan tinggi dan lembaga lain untuk bekerjasama dalam upaya pelestarian serta pengembangan sehingga masyarakat bisa mendapat manfaatnya.

“Penetapan kawasan ini sebagai perlindungan habitat peneluran setidaknya atas empat jenis penyu Laut yaitu penyu Belimbing (Dermochelys coriacea), Lekang (Lepidochelys olivacea), Hijau (Chelonia mydas), dan penyu Sisik (Eretmochelys imbricata),”ujarnya.

Lokasi peneluran utama terletak di dua bentang pantai, yaitu dahulu disebut pantai Jamursba Medi (Jeen Yessa) di sebelah barat dan pantai Warmon (Jeen Syuab) yang terletak kurang lebih 30 km di sebelah timurnya (kedua pantai kini disebut Jeen Womom). [