95 Persen Rumah di Yahukimo Belum Dibangun

684

JAYAPURA, PapuaSatu.com  – Sekretaris Komisi IV DPR Papua, Sinut Busup mengklaim, pembangunan rumah layak huni melalui program Pemerintah Provinsi Papua di kabupaten Yahukimo hingga kini tercatat 95 persen belum terbangun.

“ Dari 13 ribu unit rumah dalam program Pemerintah Provinsi Papua, Yahukimo mendapat alokasi pembangunan sebanyak 600 unit rumah layak huni, namun pembangunan baru mencapai 90 unit rumah atau baru mencapai sekitar 5 persen,” kata Sinut Busup di ruang kerjanya, Senin (30/10/2017) sore.

Ia mempertanyakan kapan dilakukan sisa pembangunan 510 unit rumah tersebut dan dimana letak pembangunannya. “harus ditunjukan jika ada pembangunan itu. Saya rasa program yang dilakukan pemerintah Provinsi Papua terhadap pembangunan rumah layak huni belum tercapai di kabupaten Yahukimo,” tandasnya.

Politisi Partai Amanat Nasional ini menuturkan, pembangunan perumahan layak huni itu, ada yang dibangun dari Dinas Sosial, Dinas Pekerjaan Umum dan  dari pusat.  Pihaknya sudah mendesak kepada instansi terkait untuk menyikapi pembangunan rumah yang bermasalah tersebut, namun belum diseriusi dengan baik.

Untuk itu, ia mendesak kepada Pemerintah Provinsi Papua dan  Pemerintah kabupaten setempat agar sebelum tutup anggaran pada 15 Desember 2017, pembangunan 600 unit rumah layak huni di Kabupaten Yahukimo harus selesai dibangun.

“Jadi, sebelum tutup anggaran 15 Desember 2017, harus 600 unit harus bangun di Yahukimo, karena belum ada pembangunan di sana, baru 90 unit rumah saja yang dibangun. Saya sudah turun ke lokasi,” pungkasnya. (aj/nius)