Akhirnya, IJTI Salurkan Bantuan Tandon Air ke 7 Kampung di 4 Distrik

678

Caption Foto : Tim IJTI saat menuju kampung-kampung di kabupaten Asmat untuk menyerahkan bantuan Tandon Air kepada masyarakat setempat. (Nugie/PapuaSatu.com)

ASMAT, PapuaSatu.com – Tim Pemulihan KLB Asmat dari Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia ( IJTI ) wilayah Papua berhasil mendistribusikan 50 buah penampungan Air Bersih (Tandon) untuk masyakarat di 7 Kampung yang tersebar di 4 Distrik di Kabupaten Asmat-Papua.

Ketua IJTI Papua, Meirto Tangkepayung mengatakan, pendistribusian tahap pertama dilakukan di distrik Agats, ibu kota Kabupaten Asmat dengan membagikan 10 tandon kepada 3 kampung, masing masing kampung Suwruw sebanyak 4 tandon, kampung kaye 3 tandon dan Kampung Aswet 3 tandon. Tandon di terima langsung oleh masing-masing kepala kampung.

Untuk pendistribusian tahap kedua menuju distrik ewer, dengan menggunakan perahu kayu long boat tim membawa 10 tandon dan di distribusikann ke kampung Youfri Aun. Pendistribusian tahap ke tiga di lakukan dengan menggunakan jalur sungai.

“ Untuk menyingkat waktu tim di bagi dua kelompok, dimana kelompok pertama menggunakan kapal kayu dengan memuat 20 tandon dan di distribusikan kepada dua kampung di distrik Akat, yakni kampung cuwenu dan kampung jewes, masing- masing kampung menerima 10 tandon,” jelas Meirto dengan sapaan Nugi.

Sementara lanjut Nugi, kelompok kedua menggunakan perahu kayu long boat dengan memuat sebanyak 10 Tandon dan di distribusikan ke kampung Warse yang berada di distrik Jetsi.

Bantuan tersebut, aku Nugie berupa merupakan hasil kerjasama antara IJTI Papua dengan kitabisa.com lewat seorang komedian dan aktris layar lebar (Arie Keriting) yang peduli terhadap bencana KLB di kabupaten Asmat.

“ Awalnya kami IJTI Papua bersama rekan-rekan jurnalis di Jayapura berniat untuk mengumpulkan koin untuk asmat, namun lewat Arie Keriting kami dibantu dengan membuka laman kitabisa.com untuk donasi bagi KLb di Asmat,” ungkap Nugie.

Ia mengemukakan, dana donasi yang terkumpul  mencapai angka Rp 200 juta yang berasal dari seribuan orang di seluruh Indonesia. Dari dana tersebut maka 3 perwakilan dari IJTI Papua berangkat ke asmat guna memyalurkan bantuan.

“ atas persetujuan dari Arie dan kitabisa.com, dari dana sebesar Rp 200 juta tersebut kami sepakat untuk membelikan tandon guna keperluan air bersih bagi masyarakat Asmat, mengapa tandon air..? Karena satu satu nya sumber air bersih di Asmat hanyalah air hujan,” tuturnya.

Selama 9 hari tim Pemulihan KLB Asmat dari IJTI Papua yang berjumlah 3 orang maisng-masingm, nugie, anto dan andre. Mereka akhirnya berhasil mendistribusikan sebanyak 50 tandon ke 7 kampung di 4 distrik.

“ kami berterima kasih kepada Arie keriting dan kitabisa.com yang sudah mau ikut peduli terhadap bencana KLB di Asmat, juga buat semua orang baik yang sudah berdonasi lewat laman kitabisa.com, terima kasih juga buat rekan-rekan jurnalis di kota jayapura yang sudah ikut membantu, juga buat bupati kabupaten asmat dan komandan pos TNI AL di Agats yang banyak membantu kami selama di asmat, semoga bantuan yang sudah kita salurkan ini dapat di pergunakan untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat di asmat”  tutup wartawan Viva grub Papua tersebut. (Nugie/Loy]