Anjangsana Merupakan Simbol Penghargaan Kepada Pahlawan Papua

Wakil Koordintor bidang Bakti Sosial, Mayor Inf. Christian Ireew menyerahkan bantuan kepada Grace Papare, keluarga ahli waris pahlawan nasional asal Papua, Silas Papare dikediaman di Jalan Buper Waena, Kota Jayapura
Caption: Wakil Koordintor bidang Bakti Sosial, Mayor Inf. Christian Ireew menyerahkan bantuan kepada Grace Papare, keluarga ahli waris pahlawan nasional asal Papua, Silas Papare dikediaman di Jalan Buper Waena, Kota Jayapura, Jumat (10/8/2018). Foto: Ist / PapuaSatu.com

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Pemerintah Provinsi Papua mengisi rangkaian HUT Kemerdekaan RI ke 73 tahun dengan mengunjungi keluarga Pahlawana Nasional asal Papua, Silas Papua di Jalan Buper Waena, Kota Jayapura.

“Jadi, kegiatan anjangsana ini agenda tahunan dan merupakan penghargaan yang diberikan Pemerintah kepada keluarga pahlawan nasional Papua asal Papua dalam berjuang merebut irian barat dari tangan belanda,” kata Wakil Ketua Panitia bidang Koordinator Bakti Sosial, Mayor Inf. Christian Ireeuw kepada wartawan di Jayapura, Jumat (10/8/2018).

Tahun ini, kata Ireeuw, panitia HUT RI Provinsi Papua tidak hanya memberikan bantuan sembako kepada keluarga Pahlawan Nasional. Tetapi bantuan serupa juga diberikan kepada masyarakat di kampung  Enggros Kota Jayapura.

Selain itu, Panitia juga melakukan aksi donor darah dengan melibatkan pihak TNI/Polri dan ASN. “Ini satu perhatian dari Pemerintah Provinsi, dan dalam rapat selalu kita utamakan untuk memberikan bantuan kepada empat keluarga pahlawan Nasional asal Papua,” ujarnya.

Grace Papare, keluarga ahli waris pahlawan nasioanal asal Papua, Silas Papare, mengucapkan banyak terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Papua yang sudah memperhatikan keluarga pahlawan Nasional karena bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawannya.

“Ajangsana ke keluarga pahlawan ini sangat penting, karena itu sebagai satu simbol untuk menghargai apa yang sudah dibuat oleh pahlawan Nasional asal Papua,” kata Grace

Grace juga minta kepada Pemerintah Provinsi Papua, tidak lupa mengundang keluarga pahlawan untuk menghadiri upacara hari pahlawan ataupun HUT RI.

“Selama saya di Jayapura belum pernah di undang Pemerintah ikut upacara HUT RI, kalau kakak saya di Jakarta, setiap HUT RI selalu diundang ke Istana Negara,” kata Grace.

Dikatakan, kegiatan anjangsana ini sudah menjadi agenda rutin tahunan yang dilaksanakan  TNI/Polri paling sering melibatkan pihak keluarga pahlawan menjelang hari kemerdekaan Republik Indonesia.

“Diharapkan kedepan pemerintah jangan lupa melibatkan keluarga ahli waris pahlawan Nasional dari Papua sehingga orang bisa tahu jika Pemerintah tidak melupakan jasa para pahlawannya,” ujarnya. [piet]