Befa Yigibalom Pimpin Asosiasi Bupati se-Pegunungan Tengah

1776
Caption : Ketua Asosiasi Bupati se - Pegunungan Tengah Papua, Befa Yigibalom, SE., M.Si saat memberikan keterangan pers di Jakarta
Caption : Ketua Asosiasi Bupati se - Pegunungan Tengah Papua, Befa Yigibalom, SE., M.Si saat memberikan keterangan pers di Jakarta

JAKARTA, PapuaSatu.com – Para Bupati se – Pegunungan Tengah Papua sepakat mengangkat Befa Yigibalom, SE.,M.Si untuk pimpin Asosiasi Bupati Se-Pegunungan Tengah, Provinsi Papua selama 2 tahun kedepan.

Kesepakatan para Bupati se – Pegunungan Tengah yang mengangkat Bupati Lanny Jaya, Befa Yigibalom, SE, M.Si sebagai Ketua Asosiasi dan Bupati Mamberamo Tengah, Ricky Ham Pagawak, SH, M.Si diposisikan sebagai Wakil Ketua disakasikan Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP, MH.

Ketua Asosiasi Bupati Se-Pegunungan Tengah, Befa Yigibalom mengatakan, pengaktifan kembali asosiasi Bupati se – Pegunungan Tengah sesuai hasil diskusi dan saran dari Gubernur Papua.

“Belajar dari pengalaman kepemimpinan mantan Ketua Asosiasi Bupati Se-Pegunungan Tengah, Lukas Enembe sudah membuat terobosan di pegunungan. Misalnya, akses jalan Habema-Yuguruk yang di dobrak pertama kali oleh asosiasi ini,” kata Befa Yigibalom di Jakarta, Kamis (4/10/2018).

Diharapkan kedepan asosiasi ini saling bersinergi dan bersama-sama memecahkan persoalan di wilayah Pegunungan Tengah Provinsi Papua. tentunya langkah strategis yang akan diambil oleh asosiasi ini dapat di dukung oleh Gubernur Papua.

“Artinya bahwa tidak saja menunggu terobosan dari pemerintah pusat, melainkan asosiasi ini bisa bersama-sama mengambil langkah strategis guna percepatan pembangunan di Papua lebih khusus di Pegunungan Tengah,” ujarnya.

Dikatakan, asosiasi ini akan menjadi wadah untuk mengkaji dan diskusi guna memecahkan persoalan di Pegunungan Tengah secara bersama-sama. “Ketika persoalan di Pegunungan Tengah sama-sama didiskusikan dan dicari solusinya, baik itu masalah pendidikan, kesehatan dan infrastruktur maka otomatis semua akan ringan,” jelas Befa.

Gubernur Provinsi Papua, Lukas Enembe, SIP, MH mengatakan kepemimpinan asosiasi sebelumnya tidak berbuat apa-apa selama empat tahun, padahal masa jabatan asosiasi ini harusnya dua tahun.

Menurut Enembe, asosiasi Bupati se – Pegunungan Tengah Papua ini saling membantu dan memecahkan persoalan di wilayah Pegunungan Tengah Papua. “Pengalamam saya ketika memimpin asosiasi ini, kami didalam asosiasi membantu pembangunan Bandara Wamena dan Bandara Yahukimo,” kata Gubernur Papua, Lukas Enembe.

Selain itu, kata Lukas, asosiasi ini harus membuat program prioritas yang akan dijalankan dan dilakukan. “Saya juga menyarankan supaya asosiasi seperti ini dibentuk diwilayah Mee Pago, Ha Anim, Saireri dan Mamta sehingga para Bupati mengetahui permasalahan yang dihadapi di daerahnya,” ujarnya.

Diketahui, para Bupati yang tergabung dalam asosiasi Bupati se – Pegunungan Tengah Papua diantaranya, Bupati Lanny Jaya, Bupati Mamberamo Tengah, Bupati Yalimo, Bupati Jayawijaya, Bupati Nduga, Bupati Tolikara, Bupati Yahukimo, Bupati Pegunungan Bintang, Bupati Puncak Jaya, Bupati Puncak. [piet/loy]