Freeport ‘Bikin’ Orang Papua Tersinggung

0
1405

*Pdt. Charles Simare-Mare:  Soal Pembangunan  LAB Teknologi Modern di Bandung, Bukan di Papua

JAYAPURA, PapuaSatu.com  Pembangunan Gedung Laboratorium Teknologi  modern untuk Institut Teknologi Bandung (ITB)  atas bantuan hibah dari PT Freeport Indonesia (PT FI), direspon  keras  anggota DPD RI, Pdt. Charles Simare-Mare, S.Th, M.SI.

Menurutnya, dengan adanya berita PT.FI membangun gedung laboratorium di ITB bukan di Papua, membuat masyarakat Papua tersinggung, bahkan merasa  harga dirinya diinjak-injak.

Dikatakan  kenyataan ini  semakin memperjelas kalau PT.FI itu hanya mau menguras kekayaan alam Papua tanpa memikirkan nasib rakyat Papua, bagaimana tidak, banyak perguruan tinggi yang terseok-seok dalam membangun SDM di Papua tanpa pernah mendapat perhatian dari FI, mereka berjuang semampu mereka dengan maksud agar rakyatnya keluar dari kebodohan dan keterbelakangan, akan tetapi manajemen FI seolah-olah  buta dan tuli.

“Hal-hal  seperti inilah lanutny  yang justru melukai hati Rakyat Papua, kekayaannya dikuras untuk membangun di Pulau Jawa. Hai orang-orang yang memimpin FI, dimana mata hatimu, jangan tunggu rakyat Papua marah besar dengan sikap dan tindakanmu yang tidak berpihak ke daerah dan masyarakat Papua,”katanya dalam presreleasenya kepada PapuaSatu.com, Rabu (21/2/2018) malam.

Ditegaskan, peristiwa dan ucapan Executif Vice President ( EVP) Human Resoures PT FI Ahmad Didi Ardianto seperti ingin merendahkan martabat masyarakat Papua, yang sepertinya menyebut agar masyarakat Papua mengemis untuk membangun kerjasama ke ITB guna bisa nebeng ikut menggunakan gedung tersebut dibandung, inilah kesalahan cara berpikir orang-orang  yang ingin menjajah Papua, mestinya orang dari barat yang harus ke Papua, agar tahu kondisi Papua.

Sebab kalau ke Bandung, berapa besar dana untuk biaya perjalanan mahasiswa Papua ke Bandung? itu sesuatu yg mustahil, sebaiknya orang yang berpikiran seperti itu jangan pernah ada di Papua. “Saya harap ucapan beliau itu segera ditarik atau diklarifikasi, saya ulangi, jangan sampai rakyat Papua marah,” jelasnya.

Sebagaimana dilansir di sejumlah media menyebutkan,  Gedung baru Laboratorium Teknologi XIV ITB ‘The Freeport Indonesia Business Research Center’   yang terletak di Jalan Ganesha, Nomor 10, Bandung, tersebut  sudah diresmikan Rektor Insitut Teknologi Bandung (ITB) Profesor Kadarsah Suryadi, Kamis (14/12/2017).

Gedung yang didesain secara modern  serta dilengkapi sel pengolah sinar matahari menjadi listrik untuk sistem pencahayaan gedung tersebut akan digunakan untuk berbagai Program Studi di ITB, khususnya Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM).cGedung dengan luas 5.482 meter persegi tersebut merupakan hibah dari PT Freeport Indonesia (PTFI).[sony]