Kadis Pendidikan Mimika Minta Dicopot

358

Jayapura, PapuaSatu.com – Sekretaris Komisi I DPR Papua, Mathea Mamoyau meminta kepada Bupati Mimika agar segera mencopot Jenny O Usmanny dalam jabatannya sebagai kepala Dinas Pendidikan Dasar dan Kebudayaan kabupaten Mimika.

Permintaan ini disampaikan Mathea, lantaran tidak ada kejelasan dari Kepala Dinas Pendidikan terhadap upah guru honorer yang selama ini dituntut.

“Kalau memang tidak mampu menyelesaikan masalah ini, maka kadis pendidikannya harus dicopot,” tegas Mathea yang merupakan wakil rakyat dari daerah pemilihan kabupaten mimika.

Mathea menegaskan, jika tidak ada dalam anggaran DPA maka Pemerintah dan Dinas terkait harus memberikan penjelasan kepada guru honorer agar nasib mereka tidak terkatung-katung,”  ujarnya.

Kehadiran guru honorer di kabupaten Mimika memiliki peran paling tinggi, khususnya di daerah pedalaman dalam dunia pendidikan. Namun apabila tidak dianggarkan dalam APBD induk, maka harus dibahasa dalam APBD perubahan.

Untuk itu, Mathea meminta agar bupati melihat kondisi apa yang dialami oleh guru honorer. “Jangan karena DPRD mimika tidak fungsi pengawasan, maka Dinas terkait seenaknya melakukan tindakan-tindakan hingga tidak membayarkan hak-hak bagi guru honorer,” tukasnya. (Nius)