Kopi Hasil Bumi Papua Harus Disosialisasikan dan Dibudayakan

661

 Caption Foto : PJS Gubernur Papua, Mayjen TNI (Punr) Soedarmo saat minum kopi local secara bersama-sama di Humbolt Café, Kota Jayapura, Rabu (14/3/2018). (Piet/PapuaSatu.com)   

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Penjabat Sementara Gubernur Papua Mayjen (Purn) Soerdarmo duduk bersama forum komunikasi pimpinan daerah (forkopimda), dan para pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) menikmati minum kopi hasil bumi Papua.

Minum kopi bersama, bagi Soedarmo merupakan hal yang biasa-biasa. Namun selera kopi hasil pribumi sendiri jauh lebih bagus dari kopi-kopi lainnya di luar Papua. “Ini harus kita akui  bahwa kopi Pribumi Papua benar-benar memiliki aroma yang sangat luar biasa,” katanya sembari minum kopi bersama para  Forkopimda dan OPD provinsi Papua, di Humbolt Café, Kota Jayapura, Rabu (14/3/2018)

Soedarmo mengajak, Kopi asli Pribumi yang dikelolah oleh masyarakat local harus  terus disosialisasikan dan digalakkan serta membudayakan masyarakat Papua dan juga masyarakat yang dari luar Papua agar gemar minum kopi asli Pribumi.

Diberbagai daerah, lanjut Soedarmo, Kopi memiliki memiliki jenis, rasa dan aroma kopi yang berbeda-beda. Namun Kopi Papua harus terus di disosialisasikan sampai ke tingkat nasional bahkan ke tingkat internasional mengetahuio bahwa Kopi asli Pribumi Papua benar-benar lezat dan memiliki Aroma yang luar biasa.

“Dengan gemar minum kopi diharapkan terus semakin banyak, karena dengan demikian otomatis produk dari petani akan terus didorong untuk lebih meningkatkan melalui bimbingan dan pelatihan,” ujarnya.

Lebih lanjut disampaikan Soedarmo bahwa  petani Kopi di Papua memiliki binaan sendiri-sendiri, baik dari Bank Indonesia, Bank Mandiri, Bank BRI, Bank Papua termasuk para pengusaha kopi.

Untuk itu, kedepan pemerintah provinsi Papua harapkan ada rasa kepedulian dan memiliki hasil bumi tanah Papua. “Kalau rasa memiliki tidak ada, tidak mungkin bisa kembangkan potensi-potensi yang ada.  Mari kita tumbuhkan rasa ini untuk menggalakan sekaligus meningkatkan produksi kopi Papua yang sangat luar biasa ini,” ujarnya. [piet]