Kunjungi Pemprov Papua, India Tawarkan Kerjasama

347

Dubes India, Pradeep Kumar Rawat menerima cinderamata dari Asisten bidang perekonomian dan kesejahteraan rakyat di ruang kerjanya, Kamis (15/3/2018). Foto: Ist/PapuaSatu.com

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Kedutaan Besar India untuk Indonesia melakukan kunjungan ke Provinsi Papua membahas berbagai program kerja yang ditawarkan bagi Pemerintah Provinsi Papua.

“Ini pertama kalinya kami bertemu dengan Pemerintah Provinsi Papua untuk membahas kerja sama ekonomi, pembangunan kapasitas kebudayaan, pengembangan keterampilan hingga teknologi pendidikan,”  kata Dubes India, Pradeep Kumar Rawat kepada wartawan usai pertemuan dengan Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Provinsi Papua, Elia Loupatty di ruang kerjanya, Kamis (15/3/2018)

Dijelaskan, dalam pertemuan awal ini juga dibahas mengenai pengembangan sumber daya manusia Papua di mana akan dilanjutkan dengan pertemuan-pertemuan selanjutnya.

Mewakili Gubernur Papua, Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Papua Elia Loupatty mengatakan pihaknya berharap tawaran kerja sama ini nantinya dapat ditindaklanjuti.

“Pihak Kedutaan India juga berharap ada waktu untuk duduk bersama agar dapat membahas kesepakatan dalam hal pendirian pusat pelatihan dan lain sebagainya,” ujar Elia.

Dia menambahkan tawaran kerja sama dari India ini baru pertama kalinya dan hal ini merupakan hal yang bagus karena India memiliki kelebihan dalam pengembangan informatika yang dapat dimanfaatkan bagi kelancaran informasi dan komunikasi masyarakat Papua di daerah-daerah.

“Jarang sekali pihak kedutaan menawarkan hal-hal seperti ini sehingga harus dimanfaatkan dengan baik untuk masyarakat Papua,” jelasnya. [Piet/abe]