LAKIP Pemprov Papua 2017 Raih Predikat Baik

528

 JAYAPURA, PapuaSatu.com – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi Republik Indonesia kembali memberikan penghargaan kepada Pemerintah Provinsi Papua karena sukses menyampaikan  Laporan Akuntabilitas Instansi Pemerintah  (LAKIP) Provinsi Papua tahun 2017 dengan predikat Baik.

Asisten III bidang umum sekda Papua, Elysa Auri mengatakan LAKIP Pemprov Papua tahun 2016 mendapat nilai CC, namun LAKIP tahun 2017 mengalami perbaikan yang sangat positif dari nilai CC menjadi B.

“Ya, LAKIP  kita Provinsi Papua sampai 2016 masih dapat nilai CC tapi penilaian LAKIP tahun 2017 sudah mengalami peningkatan dimana kemarin kita dapat penghargaan dari KemenPAN RB tentang penyelenggaraan Pemerintahan dengan predikat B,” katanya kepada wartawan di Jayapura, Rabu (14/2/2018).

Penghargaan ini merupakan salah satu komitmen bersama dari semua instansi di Provinsi Papua di masa kepemimpinan Gubernur dan Wakil Lukas Enembe dan Klemen Tinal dimana Prestasi belum pernah di raih Pemerintah Provinsi Papua.

“Baru kali ini kita mendapat nilai Baik, harapan dari pada nilai yang diberikan kepada Pemerintah Provinsi Papua dapat memacu semua SKPD sehingga mempunyai satu komitmen bersama dalam proses kegiatan di instansi masing – masing sehingga semua program dilaksanakan secara terarah baik tingkat Provinsi maupun Kabupaten/Kota,” jelasnya.

Dikatakan, kerjasama dan komitmen semua SKPD dalam penyelenggaraan Pemerintahan menjadi indicator utama dalam penilaian LAKIP tahun 2017 sehingga mendapatkan predikat baik.

“Jadi, intinya ada komitmen bersama antara kepala SKPD kepada Eselon III,IV dan staf apa yang dia lakukan dalam penyelenggaraan sesauai dengan renstra dan renja di SKPD,” ujar Elysa.

Untuk bisa meraih nilai B maka penyusunan LAKIP tahun ini harus selesai tepat waktu dan tidak mengalami keterlambatan.  “Jangan sampai kita terlambat. LAKIP dari semua SKPD semua sudah harus masuk tepat waktu,”jelasnya.

Pihaknya mengajak seluruh pimpinan dan staf Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemprov Papua untuk meningkatkan kinerja dan akuntabilitas dalam pengelolaan pemerintahan dan pelayanan publik tahun 2017.

Untuk LAKIP tahun 2018, Elysa optimis pemerintah provinsi papua bisa mendapat nilai A karena sudah ditargetkan dari sekarang.

“Saya sudah turun ke semua SKPD untuk memacu membuat laporan LKPD masing – masing SKPD untuk 2018, mudah – mudahan tahun 2019 kita dapat nilai A,” ungkapnya. [piet/loy]