Lantik Plt Gubernur Papua, Mendagri Minta Keamanan Dijaga

 Mendagri Tjahjo Kumolo (Parastiti Kharisma/detikcom)

JAKARTA РMenteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo melantik Sekretaris Jenderal Kemendagri Hadi Prabowo dan pelaksana tugas (Plt) Gubernur Papua Sudarmo selama proses pilkada Papua berlangsung. Tjahjo meminta keamanan dijaga.

Khusus untuk Sudarmo, akan menjabat sebagai Pjs Gubernur Papua hingga 9 April 2018 mendatang. Sudarmo menggantikan sementara Lukas Enembe yang kembali maju dalam Pilgub Papua 2018.

“Harus melibatkan seluruh elemen masyarakat dalam upaya menjaga stabilitas daerah untuk menjaga ketertiban. Membangun komunikasi dengan tokoh adat dan agama yang di semua tingkatan,” kata Tjahjo dalam sambutannya di kantor Kemendagri, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin (26/2/2018).

Menurut Tjahjo, tugas dari Sudarmo adalah menjaga iklim sejuk dalam proses pelaksanaan pilkada daerah di Papua. Sebab, lanjutnya, pilkada adalah proses memilih pemimpin untuk masa depan masyarakat Papua.

“Tugas Plt tidak hanya mengamankan pilkada, tetapi menjaga stabilitas,” tambahnya dilansir dari detik.com.

Tidak hanya itu, Sudarmo dan kepala daerah lainnya juga harus memantau dan memastikan program strategis pemerintah tetap berjalan.

Tjhajo menambahkan, tantangan dalam proses pilkada adalah bagaimana melawan politik uang. Selain itu, juga melawan isu-isu soal tentang fitnah dan ujaran kebencian yang beredar di masyarakat.

“Sekecil apapun gelagat yang ingin merusak kebinekaan kita, ingin mengganti Pancasila itu bukan urusan TNI dan kepolisian saja tetapi seluruh elemen masyarakat,” tuturnya.
(fiq/idh/abe)